Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

power steering

Corolla Altis Minta Ganti Power Steering Elektrik, Harganya Lebih Mahal dari Camry

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 24 September 2019 | 09:53 WIB
Toyota Corolla Altis 2014
Dok.OTOMOTIF
Toyota Corolla Altis 2014

Otoseken.id -  Biasanya mobil-mobil modern sudah menggunakan teknologi Electric Power Steering (EPS) menggantikan power steering hidraulis.

Power Steering jenis elektrik ini digerakkan oleh motor listrik sehingga mempermudah usaha pengemudi untuk mengontrol kemudi atau setir.

Teknologi electric power steering ini lebih canggih, sebab bisa mengontrol kapan setir enteng maupun berat berkat inputan sinyal dari ECU seperti sensor kecepatan dan torque sensor.

Setir akan terasa lebih ringan ketika mobil di posisi diam, sedangkan akan terasa lebih berat ketika kecepatan tinggi untuk safety.

Baca Juga: Electric Power Steering Toyota Avanza dan Rush Jebol, Siapkan Rp 7 Jutaan

EPS atau electric power steering termasuk minim perawatan asalkan penggunaan yang baik dan benar.

Penggunaan yang benar yaitu tidak sering menerjang jalanan rusak dan menerobos banjir, dan juga posisi parkir dengan setir yang tidak lurus.

Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi alasan EPS minta ganti, ditandai dengan timbul bunyi-bunyi dan setir yang sudah berat.

Nah sedan Toyota yang sudah menggunakan electric power steering ini adalah Toyota Corolla Altis dan Toyota Camry.

Baca Juga: Begini Tips Merawat Power Steering Jenis Elektrik, Lebih Mudah Sob

Ternyata harga part Electric Power Steering (EPS) Toyota Corolla Altis di Auto2000 Pasar Kemis Tangerang, lebih mahal daripada Toyota Camry yang notabennya merupakan sedan mewah.

"Harga part fullset Toyota Corolla Altis itu Rp 9.350.000, sementara Toyota Camry di harga Rp 8.500.000," Kata Erwin Surianto, Kepala bengkel Auto2000 Pasar kemis, Tangerang.

"EPS tidak bisa diperbaiki, biasanya diganti, ongkos bongkar pasang rack steer sekitar Rp 230 ribu, dan jasa bongkar pasang EPS Rp 460 ribu sampai Rp 1 juta," tutup Erwin kepada Otoseken.

Editor : Arseen

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa