Penyebab Setang Piston Mobil Bengkok, Catat Faktor-faktornya!

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 5 November 2019 | 17:06 WIB
Piston kena water hammer
Dok. OTOMOTIF
Piston kena water hammer

Otoseken.id - Setang piston di dunia otomotif sering disebut connecting rod, fungsinya sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun menjadi gaya putar dan sebagai penghubung piston dengan crankshaft.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Daihatsu melakukan recall pada setang piston atau connecting rod untuk Gran Max dan Luxio produksi Maret 2018 sampai April 2019.

Menurut PT Astra Daihatsu Motor, kerusakan ini akibat kesalahan vendor dalam proses produksi setang piston Daihatsu Gran Max dan Luxio bermesin 3SZ-VE 1.500 cc.

Nah selain karena cacat produksi, ada beberapa faktor yang menyebabkan setang piston atau connecting rod bengkok.

Ilustrasi banjir
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Ilustrasi banjir

(Baca Juga: Daihatsu Lakukan Recall Setang Piston Gran Max dan Luxio, Ini Penyebabnya)

Water hammer

Water hammer adalah kondisi dimana air masuk ke dalam ruang bakar, biasanya ini terjadi karena musibah banjir atau pengemudi memaksakan menerobos genengan air yang cukup tinggi.

"Biasanya karena musibah banjir atau menerobos banjir yang cukup dalam ya mas, air masuk melalui air intake sehingga mengganggu ruang pembangkaran," kata Wahidin Jaelani, Service Manager Astrido Daihatsu Daan Mogot Jakarta Barat.

Lanjut Ia menjelaskan, saat mesin mobil mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk kedalam ruang bakar melalui air intake tadi, mesin mendapat tekanan yang besar di ruang silinder oleh piston.

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X