Ngoprek Santuy di Rumah, Begini Cara Bersihkan Ruang Mesin Mobil yang Benar

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 4 April 2020 | 17:35 WIB
Cara mencuci mesin mobil
Dok. OTOMOTIF
Cara mencuci mesin mobil

Otoseken.id - Pandemi virus Corona (Covid-19) membuat pemerintah mengambil tindakan social distancing (pembatasan sosial) dengan tetap di rumah saja.

Bagi Anda yang mengisi kegiatan akhir pekan dengan mencuci sendiri mobil kesayangan di rumah, sebaiknya perlu hati-hati saat mencuci bagian ruang mesin.

Pasalnya mencuci ruang mesin tidak sama dengan mencuci eksterior bodi kendaraan, di ruang mesin banyak komponen kelistrikan yang rentan terkena air.

Jika komponen kelistrikan terkena air, akibatnya bisa menyebabkan malfungsi bahkan korsleting, namun jika mencuci ruang mesin dengan cara yang benar, hal tersebut tidak akan terjadi. 

Ilustrasi membersihkan mesin mobil
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi membersihkan mesin mobil

Baca Juga: Modal Air Teh Kemasan, Ban Motor Jadi Mengkilap, Ini Jurusnya

Seperti kita ketahui, air merupakan zat yang bisa menghantarkan listrik (konduktor), untuk itu pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan tidak ada komponen kelistrikan yang bekerja.

Hindari mencuci ruang mesin dengan cara menyemprotkan langsung air bertekanan tinggi ke area ruang mesin, kecuali pada bagian pinggir yang tidak mengenai mesin dan komponen lainnya.

Untuk antipisasi, tutup bagian-bagian yang rentan air seperti soket kelistrikan, ECU, sensor, dan sebagainya menggunakan plastik atau alumunium foil.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa