Awas Tertipu, Begini Cara Mengetahui Airbag Mobil Bekas Masih Normal atau Diakali

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 27 Mei 2020 | 15:18 WIB
Airbag Toyota Calya mengembang dengan baik saat terjadi kecelakaan di Cileungsi (8/5/2019).
Ivan Casagrande Momot
Airbag Toyota Calya mengembang dengan baik saat terjadi kecelakaan di Cileungsi (8/5/2019).

Otoseken.id - Airbag menjadi fitur keselamatan yang penting, fungsinya untuk meminimalisir risiko penumpang cidera parah akibat kecelakaan.

Namun saat membeli mobil dalam keadaan bekas (used car), Teman Otoseken harus mengetahui ciri-ciri airbag yang masih berfungsi.

Pasalnya ada saja 'pedangan nakal' yang mengakali atau memanipulasi fitur airbag ini yang seakan-seakan airbag masih berfungsi dengan baik, padahal mobil tersebut pernah alami kecelakaan atau airbag sudah meledak.

"Ada oknum-oknum nakal yang menjual mobil-mobil bekas tapi airbagnya sudah meledak, itu patut diwaspadai," terang Agus, dari spesialis setir dan sevice airbag Raffi Mobil, Kebayoran baru Jakarta Selatan.

Indikator Airbag
Otomotifnet
Indikator Airbag

Baca Juga: Ganti Setir Copotan Supaya Tampilan Lebih Keren? Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Agus menjabarkan trik untuk mengetahui airbag yang bagus atau normal bisa dilihat ketika kunci kontak di on, kemudian lampu indikator airbag menyala, setelah 7 detik barulah lampu indikator mati sebelum mesin menyala, artinya airbag dalam keadaan normal.

Namun apabila indikator airbag selalu mati saat kontak sudah di on, dipastikan airbag sudah pernah meledak, namun oknum tersebut arus listrik di indikator supaya indikator airbag selalu menyala dan timbul kecurigaan pada calon pembeli.

"Lampu indikator yang enggak nyala sama sekali, mau itu kondisi kunci kontak di on ataupun mesin menyala, sudah dipastikan airbag tersebut sudah meledak, tapi oknum tersebut memutus kelistrikan supaya enggak menyala (lampu indikator airbag)," terang Agus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa