Pakai Seat Belt Mobil yang Benar Ada Tujuannya, Jangan Asal Pakai

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 27 Mei 2020 | 06:45 WIB
Ilustrasi Sabuk Pengaman
otomania.com
Ilustrasi Sabuk Pengaman

Otoseken.idSeat belt atau sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan yang wajib ada di setiap mobil.

Peraturan di indonesia, ketika berkendara pengemudi dan penumpang depan diharuskan untuk menggunakan seat belt, kalau tidak mengenakan akan dikenakan sanksi berupa penilangan.

Seat belt atau sabuk pengaman yang terdapat di mobil merupakan seat belt 3 titik, sayangnya penggunaan seat belt 3 titik beberapa orang asal pakai dan penggunaannya yang salah.

Penggunaan seat belt 3 titik yang benar adalah pada saat sudah berada di kursi, tarik seat belt yang ada bagian pengait seat belt dan masukkan ke rumah seat belt sampai berbunyi suara 'klik'.

Ilustrasi sabuk pengaman
pexels.com/rawpixel.com
Ilustrasi sabuk pengaman

Baca Juga: 4 Penyebab Ban Mobil Tiba-tiba Pecah di Jalan, Jangan Sampai Kejadian

Bagian selempang atau shoulder belt harus pas pada bahu atau pundak, sebab bagian bahu atau pundak mempunyai tumpuan tulang yang kuat jika terjadi kecelakaan.

Jika mobil Anda dilengkapi dengan ketinggian seat belt, atur krtinggian sesuai dengan kenyamanan dan pada tumpuan tulang terkuat.

Tidak disarankan mengatur terlalu tinggi hingga ke leher karena jika mengalami kecelakaan, potensi cidera pada leher akan semakin parah.

Juga pemakaian seat belt yang salah adalah memposisikan seat belt di bawah ketiak, sebab jika terjadi kecelakaan, posisi kepala dan bahu tidak terjaga dan tidak ada tumpuan tulang yang keras seperti di bahu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa