Menperin Usulkan Pajak Mobil Baru Dihapus, Ini Tanggapan Pedagang Mobkas

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 15 September 2020 | 14:19 WIB
Ilustrasi pabrik mobil Honda
Honda
Ilustrasi pabrik mobil Honda

Otoseken.id - Untuk mendongkrak daya beli konsumen di tengah pandemi Covid-19, Menteri Perindustrian (Menperin) mengusulkan untuk relaksasi berupa penghapusan sementara pajak mobil baru.

"Kami sudah mengusulkan kepada Menteri Keuangan untuk relaksasi pajak mobil baru 0 persen, sampai bulan Desember 2020," jelas Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, melalui pesan tertulis (14/9).

Menperin Agus mengatakan, upaya ini diharapkan, dapat menstimulus pasar sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.

Masih menurutnya, upaya pemangkasan pajak pembelian mobil baru tersebut diyakini bisa mendongkrak daya beli masyarakat. Tujuannya untuk memulihkan penjualan produk otomotif yang tengah turun selama pandemi.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Balai Lelang IBID Astra Anjlok Hingga 45 Persen

Namun di sisi lain, pasar mobil bekas juga ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Geri dari showroom mobil bekas Permata Mobilindo Regensi mengungkapan, pasar mobil bekas memiliki pangsa pasar tersendiri.

"Menurut saya penghapusan pajak mobil baru enggak masalah, karena mobil bekas sudah punya pasarnya tersendiri ya," buka Geri dari showroom mobil bekas Permata Mobilindo Regensi di Tangerang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa