Ganti Setir Tidak Bisa Sembarangan, Salah Pasang, Airbag Bisa Meledak

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:32 WIB
Ilustrasi Airbag
Rianto Prasetyo
Ilustrasi Airbag

Otoseken.idLingkar kemudi atau biasa disebut setir kerap kali dimodifikasi ke model yang baru supaya tampilan setir lebih kekinian dan modern.

Atau ada juga yang hanya sekedar mengganti setir yang tadinya sudah rusak atau jelek, diganti lagi dengan yang masih bagus dan baru.

Tapi memasang setir mobil khususnya yang sudah dilengkapi fitur airbag harus ekstra hati-hati, dan disarankan dilakukan oleh yang ahlli atau spesialis setir.

Seperti yang diungkapkan Bobby dari workshop spesialis setir Bobby Spec Rare Item di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat, menurutnya jika pemasangan salah atau tidak hati-hati, dapat menyebabkan masalah yang fatal.

Spesialis Setir Bobby Spec Rare Item
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Spesialis Setir Bobby Spec Rare Item

Baca Juga: Awas Tertipu, Begini Cara Mengetahui Airbag Mobil Bekas Masih Normal atau Diakali

"Kita harus perhatikan pemasangannya (setir), kalau misalnya amit-amit pemasangan tidak benar, itu bisa kegabung kabel minus dan plus-nya, itu bisa meledak airbagnya, jadi itu harus hati-hati," kata Bobby, owner spesialis setir Bobby Spec Rare Item di MGK, Kemayoran , Jakarta Pusat.

Bahkan menurut Bobby, jika airbag sudah meledak, jika diperbaiki di bengkel resmi biasanya diharuskan mengganti spidometernya juga.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa