Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bengkel Spesialis Ungkap Penyebab Power Steering Mobil Bekas Rusak

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 16 Februari 2021 | 10:15 WIB
Ilustrasi kerusakan power steering di mobil bekas
Dok.Autobild
Ilustrasi kerusakan power steering di mobil bekas

Otoseken.id - Power steering mempermudah pengemudi dalam mengoperasikan setir supaya lebih ringan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan power steering mobil bisa rusak.

Umumnya kebanyakan mobil di Indonesia menggunakan dua jenis power steering, yakni power steering hiraulis dan power steering elektrik.

Secara sederhana power steering hidraulis mengandalkan fluida sehingga memerlukan oli dan pompa, power steering hidraulis bisa kita temukan pada Toyota Kijang Innova, Fortuner, dan sebagainya.

Sedangkan power steering elektrik mengandalkan motor listrik, perintah kerja motor EPS (electric power steering) diberikan oleh ECU berdasarkan sensor kecepatan.

Baca Juga: Bengkel Intan Motor77, Spesialis Power Steering Elektrik dan Hidraulis

Budhi dari bengkel spesialis power steering Intan Motor77 ungkap beberapa faktor yang menyebabkan power steering hiraulis dan elektrik bisa rusak.

Power steering hidraulis

Power steering hidraulis biasanya kerusakan pada kebocoran oli power steering, kebocoran ini akibat sil-sil yang sudah berumur dan kerusakan housing rack steer.

"Hidraulis power steering kan ada selang-selang, beda sama EPS yang polos, jadi sepanjang mesin nyala oli power steering terus bersirkulasi," kata Budhi pemilik bengkel spesialis power steering Intan Motor77 di Harapan Indah, Bekasi.

komponen power steering hidraulis
Ryan/GridOto.com
komponen power steering hidraulis

"Penyakit di power steering hidraulis kebanyakan kebocoron oli, solusinya ganti sil-sil kaya di rotari valve  tapi ada juga housing rack steer sudah ada yang rusak," tambah Budhi.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa