Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harus Tahu, Inilah Tanda-tanda Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Dok Grid - Rabu, 1 November 2023 | 16:15 WIB
Ilustrasi gardan mobil
Kyn/Otomotif
Ilustrasi gardan mobil

Otoseken.id - Di mobil bekas, gardan memiliki fungsi sebagai penerus tenaga dari mesin ke roda sekaligus memperbesar momen.

Gardan atau differential bisa kita jumpai di mobil berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), seperti Toyota Avanza, Innova, Pajero Sport, Terios dan sebagainya dan mobil dengan berpenggerak 4WD.

Namun beberapa pemilik mobil lupa mengganti oli gardan, padahal keberadaan oli gardan sangat penting, mengingat gardan memiliki gear yang selalu bergesekan.

Ciri-ciri atau gejala oli gardan sudah waktunya diganti bisa dirasakan pada saat dikendarai, terdengar suara dengung dari area bawah mobil.

Baca Juga: Inilah Resiko Jika Jarang Ganti Oli Gardan, Jangan Disepelekan

Selain dari suara dengung, juga bisa dirasakan dari getaran di area bawah mobil.

"Suara dengung dan getaran di gardan akibat gir di oli gardan itu tidak terlumasi dengan baik," kata Sarudin, Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Umumnya penggantian oli gardan dilakukan setiap 40.000 ribu kilometer.

Seperti diungkapkan Erwin Surianto, Kepala bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang, yang mengatakan penggantian oli gardan setiap kelipatan 40.000 km.

"Ganti oli gardan setiap kelipatan 40.000 km, sama seperti mengganti oli transmisi Avanza yang manual 40.000 km juga, tapi kalo oli matik di 80.000 kilometer, dua kali ganti oli gardan, sekali ganti oli transmisi matik" tutup Erwin Surianto, Kepala bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang.

Baca Juga: Ini Penyebab Kopel Gardan Mobil Bekas Dengung dan Getar Saat Dikendarai

Posted : Rabu, 1 November 2023 | 16:15 WIB| Last updated : Rabu, 1 November 2023 | 16:15 WIB

Editor : optimization

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa