Mobil Terparkir Lama Saat PPKM Darurat, Kualitas Bensin Bisa Menurun

Abdul Aziz Masindo - Senin, 12 Juli 2021 | 05:55 WIB
Ilustrasi. Mobil Terparkir di Garasi Rumah
Trybowo Laksono
Ilustrasi. Mobil Terparkir di Garasi Rumah

Otoseken.id - Pemerintah mengambil Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali dari 3 Juli sampai 20 Juli 2021 untuk memperketat aktivitas masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Hal ini membuat aktivitas di luar rumah digantikan di dalam rumah seperti mengimbau untuk bekerja di rumah atau wrok from home (WFH).

Otomatis kendaraan baik mobil maupun sepeda motor akan lebih sering 'nongkrong' alias terparkir di garasi rumah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menegaskan, bensin yang didiamankan terlalu lama tidak akan basi atau kadaluarsa, hanya saja kualitasnya menurun.

Ilustrasi fuel meter
Aries Aditya
Ilustrasi fuel meter

Baca Juga: 2 Cara Merawat Wiper Saat PPKM Darurat, Jangan Sering Angkat Wiper

"Memang mobil yang bertahun-tahun tidak dinyalakan saat buka tutup tanki bensin baunya akan berbeda, seperti bau tengik. Hal ini terjadi karena kondensasi penguapan dalam tangki yang dapat menyebabkan bensin bercampur dengan air kondensasi tersebut. Namun kendaraan tetap masih bisa berjalan," kata Didi.

Hal senada juga diungkapkan Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin, bensin yang didiamkan terlalu lama dapat menurunkan kadar oktan.

"Karakter Bahan Bakar Minyak (BBM) sendiri itu memiliki kandungan oktan, yang jika diendapkan teralalu lama akan membuat kadar oktan menurun," katanya.


Editor : ARSN
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa