Honda Accord 2.4 CP2 Punya Kompresi Mesin Tinggi, Ini Rekomendari BBM yang Cocok

Naufal Shafly,Abdul Aziz Masindo - Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB
Honda Accord generasi kedelapan mulai hadir tahun 2008
Dok. Auto Bild Indonesia
Honda Accord generasi kedelapan mulai hadir tahun 2008

Otoseken.id - Honda Accord CP2 atau Accord generasi kedelapan tidak boleh sembarangan isi bahan bakar, sebab mesinnya punya kompresi tinggi.

Honda Accord CP2 diproduksi mulai dari 2008 sampai tahun 2012, nah untuk mesin 2.400 cc berkode K24Z3 memiliki rasio kompresi mesin10,5:1.

Lantas, dengan rasio kompresi yang relatif tinggi, BBM RON berapakah yang direkomendasikan untuk Honda Accord CP2 atau Accord generasi kedelapan (2008-2012)?

Menurut Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Sawangan, Depok, Honda Accord gen 8 sebaiknya jangan diisi dengan BBM berkualitas rendah sebab memiliki sensor oksigen.

Honda Accord CP2 2008. Mesin
Dok. OTOMOTIF
Honda Accord CP2 2008. Mesin

Baca Juga: Perawatan Transmisi Matik Honda Accord CP2 di Bengkel Spesialis, Siapkan Biaya Segini

"BBM rekomennya Pertamax atau yang memiliki RON 92. Selain kompresi, dia kan ada sensor oksigen, nah kalau diisi dengan RON yang lebih rendah kayak Pertalite (RON 90) dan Premium (RON 88) itu bisa 'boyo' tarikannya sama mesin jadi ngelitik atau knocking," ucap Tri Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Sawangan, Depok

Lebih lanjut, Tri menyebut sensor knalpot juga bisa mengalami kerusakan jika mobil terlalu sering diisi dengan BBM dengan RON lebih rendah dari rekomendasi pabrikan.

Jika sensor tersebut rusak, akan berpengaruh juga ke informasi yang diterima ECU, efeknya bisa merembet ke part lainnya.


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa