Jangan Terlena, Ini Ciri-ciri Injektor Mobil Diesel Bermasalah

Abdul Aziz Masindo - Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Injector common-rail
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Injector common-rail

Otoseken.id - Mobil diesel modern sudah banyak yang menggunakan injektor common-rail, mobil diesel yang diesel yang sudah menggunakan common-rail disarankan untuk menggunakan bahan bakar diesel yang bagus.

Sebab mesin diesel common-rail memerlukan pengabutan tekanan yang sangat tinggi, dan pengabutan yang sempurna untuk mendapat kinerja mesin diesel yang optimal.

Nah penggunaan bahan bakar diesel berkualitas rendah atau kurangnya perawatan mesin, injektor mobil diesel ini bisa tersumbat.

Bahan bakar kualitas rendah menurut Erick Budhiman selaku pemilik bengkel Jakarta Diesel Squad, dapat terjadi penumpukan residu yang kemudian menyumbat injektor.

Sistem Common-rail
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Sistem Common-rail

Baca Juga: Proses Purging dan Cleaning Air Intake System di Mobil Diesel

"Kalau injektor bermasalah atau mampat, dampaknya tenaga loyo, cara paling gampang mesin pincang," ucap Erick Budhiman yang bengkelnya berada di Cipinang Muara, Jakarta Timur

Gejala pincang ini bisa terjadi pada saat mobil dalam keadaan idle (stasioner) atau ketika berjalan.

Mesin diesel Toyota dengan turbocharger
Dok. OTOMOTIF
Mesin diesel Toyota dengan turbocharger

"Solusi paling mudah dan murah ya kita purging dulu, purging mesin diesel itu kan membersihkan fuel system sekaligus air intake system, kalau di-purging tidak nolong berarti injektornya harus ganti," Jakarta Selatan.

Menurut Erick, harga injektor mobil diesel cukup menguras kantung.

"Kalau injektor sudah rusak harganya lumyanan mahal, sekitar Rp 5 sampai Rp 7 juta, kalau (injektor) semuanya yang rusak, bisa kebeli motor," tutup Erick Budhiman, owner bengkel Jakarta Diesel Squad di Cipinang Muara, Jakarta Timur.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa