Buat yang Penasaran, Begini Cara Kerja Immobilizer, Bisa Tingkatkan Keamanan

Abdul Aziz Masindo - Senin, 6 Desember 2021 | 07:00 WIB
Logo immobilizer di mobil
news.honda.co.jp
Logo immobilizer di mobil

Otoseken.id - Dengan fitur immobilizer, mobil akan memiliki keamanan berlapis dari pencurian, sebab mobil dengan immobilizer, mesin akan sulit dihidupkan jika tidak menggunakan kunci yang sesuai.

Bahkan menurut Raymond Lie, pemilik spesialis kunci Komandan Key, fitur immobilizer sudah menjadi fitur standar yang wajib di negara Eropa.

"Immobilizer di Indonesia mulai populer awal tahun 2000-an dari mobil-mobil CBU, tapi immobilizer yang pertama merintis itu mobil-mobil Eropa udah dari tahun 95," kata Raymond Lie yang workshopnya di Bursa Otomotif Sunter, Jakarta Utara.

"Immobilizer sudah jadi fitur standar di Eropa, jadi standar asuransi di sana (Eropa) yang meminta fitur keamanan ini," lanjutnya.

Contoh kunci immobilizer
Setyo Adi/Otomania

Baca Juga: Duplikat Kunci Immobilizer Tapi Syarat Tak Terpenuhi, Mending Batal Saja

Lantas bagaimana cara kerja immobilizer?

Immobilizer mengandalkan sistem enkripsi atau metode pengkodean data yang bersifat elektronik. karena sistem enkripsi, jadi hanya kunci asli saja yang dapat menyalakan mesin.

Pada anak kunci, terdapat transponder chip yang berisi kode, anak kunci ini telah dibenamkan perangkat elektronik atau chip ini yang memancarkan sinyal kode.

Sedangkan di rumah kunci, terdapat transponder key coil yang akan dimasuki anak kunci.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa