Viral Toyota Kijang Krista Diesel Campur Minyak Goreng Saat Isi BBM, Ada Dampaknya?

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:50 WIB
Toyota Kijang Krista Diesel diisi minyak goreng
tangkapan layar akun TikTok @dwiachmadi96
Toyota Kijang Krista Diesel diisi minyak goreng

Otoseken.id - Seperti kita ketahui, minyak goreng umumnya dipakai untuk menggoreng makanan, tapi baru-baru ini ada miyak goreng yang dimasukkan ke tangki mobil.

Seperti video yang diunggah ke media sosial TikTok @dwiachmadi96, terlihat Toyota Kijang Krista diesel berwarna silver ini mencampur minyak goreng sebelum mengisi BBM di SPBU.

@dwiachmadi96 Kijang dg BBM Baru...#kijangdiesel #Minyakgoreng #kijangtiadaduanya #kijangkapsulcommunityindonesia #foryoupage ♬ suara asli - Group otomotif 1990

Menanggapi hal ini, menurut Tri Yuswidjajanto, dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), mencampur solar dengan minyak goreng tidak menimbulkan dampak apa-apa.

"Minyak goreng itu bisa dijadikan bahan bakar untuk mesin diesel. Apalagi mesinnya bukan common-rail, masih direct injection biasa," katanya.

Toyota Kijang Krista Diesel diisi minyak goreng
tangkapan layar akun TikTok @dwiachmadi96
Toyota Kijang Krista Diesel diisi minyak goreng

Sebab masih kata pria yang akrap disapa Prof Yus, minyak goreng yang digunakan BBM seperti biodiesel B30 bisa sampai 30 persen dan mesin tetap bisa berjalan.

Didi Ahadi Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan, bahan bakar biodiesel punya kadar FAME (Fatty, Acid, Methyl, Ether) seperti minyak goreng.

Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B30
Otomotif.kompas.com
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B30

"Kalau diesel, kan pakai biosolar yang ada kadar FAME (Fatty, Acid, Methyl, Ether), seperti minyak goreng. Tapi, gunanya ditambah saya tidak tahu apa efeknya," ujar Didi

Dari komentar pada unggahan tersebut, ada yang mengatakan bahwa penambahan minyak goreng pada mesin diesel mobil lawas dapat membuat tarikannya menjadi ringan.

Namun Didi menegaskan, tanggapan warganet mengenai tarikan mobil menjadi lebih ringan harus ada penelitian lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Tangki BBM Toyota Kijang Lawas Diisi Minyak Goreng"

Telalu Lama Mengendap di Tangki, Awas Common-rail Rusak

 


Editor : ARSN
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa