Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Masih Ingat Nissan Serena Generasi Pertama? Ban Serepnya Ada di Ruang Mesin

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 27 Januari 2022 | 19:02 WIB
Nissan Serena C23 generasi pertama
Dok. OTOMOTIF
Nissan Serena C23 generasi pertama

Otoseken.id - Siapa yang masih ingat dengan Nissan Serena Generasi pertama atau pada saat itu dinamai Nissan Serena MPV.

Nissan Serena generasi pertama dengan kode bodi C23 ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1996 lalu yang kala itu Serena C23 ini datang dengan fitur yang cukup mewah.

Sebut saja power window, power steering dengan pengaturan tilt steering yang kala itu cukup mewah di zamannya, belum lagi Jok tengah yang bisa diputar 180 derajat serta juga lega bila digunakan saling berhadapan dengan jok baris kertiga.

Jok tengah Nissan Serena C23 bisa diputar 180 derajat
Dok. OTOMOTIF
Jok tengah Nissan Serena C23 bisa diputar 180 derajat

Makanya pada 1996 lalu, PT Indocitra Buana yang kala itu sebagai ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), membanderol Nissan Serena MPV (C23) ini seharga Rp 97.500.000.

Dibanding sedan, harga itu jelas termasuk cukup mahal atau berada di kelas menengah. Atau setara dengan sedan bermesin 2.000 cc, seperti Toyota Corona, Mazda Cronos, Ford Challenge, Honda Cielo dan sebagainya di tahun 1996 lalu.

Serena MPV secara desain mirip minibus di zamannya tapi menyisakan hidung, apalagi rodannya tidak berada di bawah tempat duduk pengemudi dan penumpang depan, melainkan di bawah hidungnya yang pesek.

Meski begitu, bila panjang dan lebarnya diteliti, dimensi ini sama dengan sedan kompak seperti Mazda Lantis, Toyota Corolla, Honda Civic Ferio dan sekelasnya. Inilah yang mengesankan, MPV Serena termasuk kompak. Meski begitu, interiornya sendiri lega seperti umumnya minibus.

Nah uniknya lagi, Hidung depan atau ruang mesinnya digunakan sebagai tempat ban serep, aki, radiator dan komponen lainnya.

Posisi Ban serep Nissan Serena C23
Dok. OTOMOTIF
Posisi Ban serep Nissan Serena C23

Editor : ARSN
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa