Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Toyota Fortuner 2KD Diesel, Segini Biaya Servis Berkala di Bengkel Spesialis

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 5 Februari 2022 | 18:06 WIB
Ilustrasi Toyota Fortuner generasi pertama
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Toyota Fortuner generasi pertama

Otoseken.id - Servis berkala penting untuk dilakukan pemilik mobil supaya performa Toyota Fortuner diesel generasi pertama tetap optimal.

Servis berkala biasanya dilakukan penggian oli mesin, oli transmisi, dan mengganti beberapa spare part fast moving yang sudah aus.

Soal perawatan, Toyota Fortuner diesel generasi pertama atau biasa disebut Fortuner 2KD ini terbilang mudah, sebab mesinnya terkenal bandel.

"Fortuner 2KD saya belum menemukan penyakit yang khas atau kasus apa-apa, karena memang dasarnya itu mobil bandel dan reliabel," buka Edwin, Owner bengkel Spesialis Toyota, Anugerah Motor di MGK Kemayoran.

Begitupun dengan ketersediaan spare part Fortuner diesel generasi pertama ini yang sangat melimpah.

Backlamp Toyota Fortuner TRD Sportivo VNT 2012
Dok.OTOMOTIF
Backlamp Toyota Fortuner TRD Sportivo VNT 2012

Namun untuk perawatan, Edwin menyarankan penting untuk perhatikan filter bahan bakar diesel dan juga rutin mengganti oli mesin seperti pada mobil umumnya.

"Perawatan Toyota Fortuner 2KD itu paling penting di filter solar, sama kayak mobil-mobil diesel lainnya, penting perhatikan filter solar dan oli mesin," ujarnya

"kalau filter solar rajin ganti, dan tidak pakai istilahnya solar busuk, itu injector common-rail bisa lebih awet," lanjutnya.

Ia menyarankan untuk mengganti filter solar setiap 10.000 kilometer, begitupun dengan filter oli, harga filter solar di bengkel miliknya Rp 285 ribu.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa