Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Tips Beli Mobil Bekas, Ini Lima Cara Deteksi Kampas Kopling Mobil Sudah Aus

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 18 Maret 2022 | 16:24 WIB
Kampas kopling mobil
ryan/gridoto.com
Kampas kopling mobil

Otoseken.id - Kampas kopling atau istilah lainnya plat kopling merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi.

Kampas kopling memiliki usia pakai tertentu, berkisar 40.000 kilometer sampai 80.000 kilometer, kampas kopling yang sudah aus dampaknya dapat memengaruhi tenaga mesin dan bisa membuat bensin jadi lebih boros.

Keausan kampas kopling bisa lebih cepat jika pengemudi mobil manual salah dalam mengoperasikan mobil manual, seperti penggunaan setengah kopling, dan kebiasaan mengistirahatkan kaki di pedal kopling.

Pedal kopling hidrolik
Octa Saputra
Pedal kopling hidrolik

"Kampas kopling bisa cepat abis kalau sering pakai setengah kopling dan mengistiraharkan kaki di pedal kopling," kata Eris dari bengkel spesialis Toyota Anugerah Motor di MGK, Kemayoran.

Lebih lanjut ia menjelaskan ada 5 cara deteksi kampas kopling mobil bekas yang sudah aus.

1. Kopling Selip

Ciri yang pertama dan yang paling mudah diketahui adalah terjadinya selip saat pergantian gigi, misalnya dari gigi 2 ke 3, mesin terasa menggerung tanpa adanya tenaga.

Hal ini karena kampas kopling tidak mampu menghubungkan putaran mesin menuju transmisi akibat kampas kopling yang sudah aus.

Kopling Mobil
Dipo
Kopling Mobil

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa