Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas Salah Perawatan Ford Everest Matik Gen Dua, Bisa Ada Kopi Susu di Transmisi

ARSN,Harun Rasyid - Selasa, 22 Maret 2022 | 17:10 WIB
Ilustrasi Ford Everest gen 2 bekas
Philkotse.com
Ilustrasi Ford Everest gen 2 bekas

Otoseken.id - Awas salah perawatan Ford Everest generasi ke dua, bisa-bisa nanti ada kopi susu di dalam transmisi matiknya.

Punya tampilan gagah khas Sport Utility Vehicle (SUV) Amerika, Ford Everest generasi kedua kini bisa dipinang dengan dana mulai Rp 115 juta.

Selain desainnya macho, Ford Everest yang diluncurkan selama periode 2007-2015 ini juga menawarkan mesin diesel DuraTORQ 2.500 cc TDCi dengan turbocharger dan intercooler yang terkenal bandel.

Sebagai pilihan, Ford Everest generasi kedua memiliki varian 4x2 dan 4x4 dengan transmisi manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan.

Bicara dua pilihan transmisi Ford Everest tersebut, unit dengan penggerak 4x2 bertransmisi matik kini lebih ramai diminati.

Alasannya beragam, mulai dari segi kepraktisan berkendara hingga varian 4x4 yang kurang dilirik karena hanya memiliki transmisi manual.

Bengkel spesialis Ford Mastercars.id di Lebak Bulus, Jakarta Selatan
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis Ford Mastercars.id di Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Bagi Sobat yang sedang mengincar varian bertransmisi matik, kini tak perlu khawatir meski usia Big SUV ini sudah lebih dari tujuh tahun.

Sebab menurut Kepala Mekanik dari bengkel spesialis Ford Mastercars.id di Jakarta Selatan, Ruhimat, transmisi matik Everest generasi kedua terbilang kuat asalkan perawatannya sesuai.

Baca Juga: Cara Beli Mobil Bekas, Ini Alasan Ford Everest Generasi Kedua Layak Dipinang

"Yang penting jangan telat ganti oli transmisi kalau enggak mau bermasalah. Sebab saran pabrikan oli transmisi bawaan Everest ini long life dan enggak perlu diganti, padahal harus tetap rutin diganti per 50.000 kilometer," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (18/3/2022).

Lebih lanjut Ruhimat menyebut, pihaknya pernah mendapati Ford Everest konsumen yang transmisinya rusak karena oli tidak pernah diganti.

Padahal odometer Ford Everest tersebut sudah tembus 100.000 kilometer, akibatnya komponen di dalam transmisinya itu banyak yang rontok.

"Jadi saat dibongkar, olinya sudah keruh warnanya mirip susu dan banyak serbuk besi akibat giginya sudah pada rontok," ucap Ruhimat.

Sementara untuk oli transmisinya, Mastercars.id biasa menggunakan Motul ATF VI yang dibanderol Rp 245 ribu per liter.

Untuk penggantian oli matik Ford Everest generasi kedua ini, membutuhkan jumlah oli sebanyak empat liter.

Nah, sekarang Sobat sudah tahu kan bagaimana perawatan transmisi matik Ford Everest generasi kedua ini. 

Mastercars.id

Jalan Lebak Bulus Raya No.23, Jakarta Selatan.

Telp: 0822-1313-1668

Baca Juga: Mulai Rp 30 Ribuan, Simak Daftar Sparepart Fast Moving Ford Everest Gen 2

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa