Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Bikin Tenaga Yamaha New Scorpio Z Lebih Ngejambak, Pakai Per Kopling Ini

Abdul Aziz Masindo,Wisnu Andebar - Minggu, 27 Maret 2022 | 18:16 WIB
Ilustrasi Yamaha New Scorpio Z tahun 2014
Garasimekanikotomotif.blogspot.com
Ilustrasi Yamaha New Scorpio Z tahun 2014

Otoseken.id - Salah satu kelemahan Yamaha New Scorpio Z keluaran 2010 - 2014 ada di sektor kopling, supaya tenaga Yamaha New Scorpio Z lebih ngejambak lagi, caranya adalah dengan mengganti per kopling merek aftermarket ini.

Sebab menurut Benny Ilham selaku owner bengkel spesialis Yamaha Scorpio VB Motor di Depok, Jawa Barat, kopling Yamaha Scorpio Z generasi ketiga ini terbilang lemah.

"Jadi masalahnya ada di per kopling, begitu mesin panas biasanya gejalanya gampang selip dan susah buat oper gigi," kata Benny.

Benny menyebutkan, efek lain yang ditimbulkan adalah tenaga motor jadi loyo alias enggak ada entakannya.

"Berdasarkan riset yang saya lakukan untuk masalah kopling, cukup mengganti per koplingnya saja pakai merek RMG, yang spek semi kompetisi itu di harga Rp 105 ribu," bebernya.

Yamaha New Scorpio Z
YIMM
Yamaha New Scorpio Z

Benny menyarankan, sebisa mungkin untuk bagian yang berhubungan dengan kopling seperti handle kopling, kabel kopling, kampas kopling sebaiknya pakai yang orisinal Scorpio.

"Jadi yang diganti cukup per koplingnya saja supaya motor lebih bertenaga dan nyaman digunakan," pungkasnya.

Yamaha New Scorpio Z banyak yang bilang motor sport naked yang enak dipakai touring. Untuk dapur pacunya, rival Honda Tiger ini dibekali mesin SOHC 225 cc satu silinder dengan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin dengan pendingin udara tersebut, diklaim mampu menghasilkan tenaga 17,9 dk di 8.000 rpm dan torsi 17,5 Nm di 6.500 rpm.

Baca Juga: Suspensi Amblas jadi Penyakit Yamaha New Scorpio Z, Ini Solusinya

 Soal harga bekas Yamaha New Scorpio Z, dari pantauan jual-beli kendaraan di internet, Yamaha New Scorpio Z bekas kini berkisar Rp 8,5 juta hingga Rp 18 juta tergantung kondisi.

"Harga New Scorpio Z bekas sebenarnya gelap atau tidak ada patokan, tapi kalau kondisinya bagus bisa di atas Rp 10 juta," ungkap Pria yang juga penghobi Yamaha Scorpio tersebut.

Sementara untuk unit dengan kondisi yang boleh dibilang apa adanya, New Scorpio Z bekas bisa didapat dengan budget di bawah Rp 10 juta.

Baca Juga: Daftar Harga Spare Part Yamaha New Scorpio Z, Masih Berlimpah

 

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa