Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

motor bekas

Cara Beli Motor Bekas, Ini Triknya Beli Honda ADV 150 Kondisi Istimewa

ARSN,Harun Rasyid - Senin, 28 Maret 2022 | 11:10 WIB
Honda ADV150 bekas di showroom
Harun/GridOto.com
Honda ADV150 bekas di showroom

Otoseken.id - Cara beli motor bekas, ini dia triknya beli Honda ADV 150 kondisi seken dengan kondisi yang istimewa.

Meminang Honda ADV150 bekas bisa jadi opsi menarik untuk yang menginginkan skuter matik (Skutik) bertampang gagah dengan konsep adventure.

Dengan usianya yang baru menginjak tiga tahun, Honda ADV150 lansiran 2019 dengan kondisi terawat serta odometer rendah masih dapat dijumpai di showroom motor bekas (motkas).

Namun sebelum memboyong unitnya, ada baiknya konsumen mengecek beberapa bagian Honda ADV150 bekas yang dijual pedagang.

Tujuannya agar konsumen tidak merugi apabila mendapat skutik All Terrain Offroad (ALTO) tersebut dengan kondisi yang kurang baik dan tidak sesuai harapan.

Owner bengkel spesialis motor matik RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur, Muhammad Ikim, mengatakan cara mengecek unit Honda ADV150 bekas bisa dimulai dari bagian mesinnya.

"Cara pertama, kondisi mesin harus kering dan enggak boleh ada oli yang bocor. Jadi calon pemilik bisa lihat bagian kolongnya, takutnya ada kebocoran dari seal kop head-nya," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (26/3/2022).

Sebab menurut Ikim, blok hingga kop head ADV150 yang pernah dibongkar bisa saja mengalami kebocoran oli.

Baca Juga: Cara Beli Motor Bekas, Ini Cara Bedain BPKB Palsu Sebelum Membelinya

"Jadi Intinya bagian mesin dari blok seher, blok head sama kop head-nya harus kering. Mesin juga sebaiknya cari yang standar dan masih halus suaranya," tegasnya.

Berikutnya, konsumen juga perlu mengecek unit Honda ADV150 bekas di bagian vital lainnya seperti pada kondisi Continuously Variable Transmission (CVT).

"Untuk CVT juga sama, sebab kalau V-belt dan piece slide kendor akan menimbulkan suara berisik. Sebab CVT yang kondisi normal kan suaranya halus dan tidak gredek saat motornya dikendarai," kata Ikim.

Setelah itu sobat bisa mengecek bagian kelistrikan dari Honda ADV150 incaran, semisal lampu-lampu, speedometer hingga starter.

Hindari membeli Honda ADV150 bekas dengan berbagai part electrical yang sudah dimodifikasi, contohnya lampu-lampu atau klaksonnya sudah tidak standar.

Hal ini untuk meminimalisir risiko kelistrikan konslet akibat kesalahan pemasangan part modifikasi tersebut.

Sebab di bengkel yang berlokasi di Pondok Kopi ini sering menemukan masalah yang diakibatkan oleh kabel terpotong dan asal disambung, untuk pemasangan part kelistrikan tersebut.

Akibatnya, pemilik Honda ADV150 dengan masalah ini harus memperbaiki jalur kelistrikan hingga penggantian satu set kabel bodi yang memakan biaya mulai Rp 100 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Selanjutnya, silakan kendarai langsung motornya untuk memastikan kondisi performa, handling, CVT, hingga kondisi kaki-kaki ADV150 masih prima atau tidak.

Sebagai informasi, harga Honda ADV150 bekas saat ini berkisar Rp 25 juta hingga Rp 33 juta tergantung tahun, tipe dan kondisinya.

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya Blok S4 No. 5, Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
Telp: 0811-8989-798
 

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa