Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Enggak Betah di Dalam Kabin, Embusan AC Bau Asem Disebabkan Karena Ini

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 1 April 2022 | 21:19 WIB
Ilustrasi Ac mobil
Dok. Auto2000
Ilustrasi Ac mobil

Otoseken.id - Embusan AC muncul bau asem tentunya membuat pengemudi dan penumpang enggak nyaman berlama-lama di dalam kabin mobil.

Penyebab timbulnya bau asem di AC mobil bukan semata-mata karena kurangnya perawatan pada sistem AC mobil tersebut, melainkan bisa dari faktor lain.

Menurut Pria yang akrab disapa Utis dari benngkel Kelapa Dua Motor di Serpong mengatakan, salah satu faktor yang membuat embusan AC timbul bau asem adalah dari parfum yang sudah lama tidak diganti.

"AC bau asem dan tidak sedap ada beberapa faktor, bisa dari parfum yang sudah terlalu lama, dan bisa juga karena kabin yang kotor," terang Pria yang akrab disapa Utis, dari Kelapa Dua Motor, Serpong.

Parfum atau pengharum mengandung bahan kimia dan alkohol, jika sudah terlalu lama atau teralalu banyak parfum di dalam kabin, Ketika parfum sudah habis, terjadi proses penguapan bahan kimia.

Selain karena Parfum yang sudah terlalu lama, penyebab lainnya bisa dari kebiasaan merokok di dalam kabin mobil.

Ilustrasi AC mobil
jip.gridoto.com/Dipo
Ilustrasi AC mobil

Bau asap rokok yang masuk ke kisi-kisi AC juga dapat menempel di plafon dan jok yang akan sulit hilang.

Kabin yang kotor juga faktor embusan AC mengeluarkan bau tidak sedap, maka dari itu selalu perhatikan kebersihan kabin. Debu dan kotoran yang paling banyak berada di karpet mobil, sebaiknya rutin membersihkan karpet.

Begitupun ketika kaca terlalu sering dibuka, debu dan polusi udara akan masuk membuat evaporator jadi lebih cepat, inilah yang menyababkan embusan AC jadi tiak sedap.

Baca Juga: Sering Terlupakan, Ini Bahaya Oli Kompresor AC Mobil Tak Pernah Ganti

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa