Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Kampas Rem Mobil Pasca Mudik, Ternyata Caranya Gampang

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 6 Mei 2022 | 13:39 WIB
Membersihkan rem dengan brake cleaner
Membersihkan rem dengan brake cleaner

Otoseken.id - Komponen pengereman menjadi penting untuk diperhatikan agar kinerjanya selalu dalam keadaan baik pasca mobil dipakai mudik lebaran.

Terlebih jika medan yang dilalui banyak lumpur ataupun genangan-genangan air ketika hujan, kotoran atau pasir dari genangan air dapat masuk ke kampas rem yang menyebabkan performa pengereman berkurang.

Ternyata membesihkan kampas rem mobil mudah saja, tak perlu pakai jasa bengkel untuk membersihkan kampas rem pasca mudik.

Yang sobat butuhkan hanya cairan pembersih rem atau biasa disebut brake cleaner, kunci roda dan beberapa peralatan untuk membuka drum rem tromol.

Proses membersihkan kampas rem yang maksimal, sebaiknya lepas dahulu rodanya.

"Membersihkan kampas rem itu harus membuka rodanya, jadi harus dongkrak dan buka bannya dulu," buka Halim, Sales consultant PT Cahaya kinetik Indonesia selaku distributor Ravenol Indonesia.

"Setelah ban sudah terlepas, barulah semprotkan cairan brake cleaner ke kaliper, untuk rem cakram tak perlu lepas kaliper juga bisa, nanti kotoran kaya pasir dan lumpur yang menempel akan rontok setelah disemprotkan cairan ini," lanjut Halim.

ILUSTRASI membersihkan kampas rem
Ryan/GridOto.com
ILUSTRASI membersihkan kampas rem

Setelah itu elap sampai bersih dan pasang kembali ban mobil sobat.

Namun untuk rem jenis tromol yang biasanya ada pada roda belakang mobil, sobat harus membuka dahulu drum tromol, cara membuka drum rem tromol dengan baut yang dimasukkan ke dalam lubang khusus tracker yang tersedia pada bagian drum tromol.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa