Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Bikin Heran Suspensi Mobil Amblas Sebelah, Ternyata Ini Penyebabnya

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 24 Juni 2023 | 15:52 WIB
Ilustrasi mengukur jarak roda ke fender mobil
F Yosi/Otomotifnet.com
Ilustrasi mengukur jarak roda ke fender mobil

Otoseken.id - Mobil tinggi sebelah atau suspensi yang amblas hanya bagian sebelah, penyebabnya dari beberapa komponen di kaki-kaki yang sudah rusak.

Misal pada ban belakang sebelah kiri diukur dapat 4 jari, sedangkan ketika ban belakang di sebalah kanan di ukur hanya bisa masuk 3 jari.

Suspensi mobil yang amblas sebelah atau hanya pada satu ban saja dapat memengaruhi kestabilan dalam kendara, lantas apa yang menyebabkan suspensi amblas?

Menurut Agun Gunawan dari GY Autoshock di Bekasi Timur mengatakan, suspensi yang amblas bisa disebabkan dari banyak faktor, bisa dari spring (per), shockbreaker, atau dari bushing.

Spring atau per mobil
Abdul Aziz Masido/otoseken.id
Spring atau per mobil

Kalau bagian spring atau per, umumnya disebabkan karena spring yang sudah lemah, biasanya sering ditemui di mobil-mobil yang sudah tua, atau bisa juga karena per yang sudah dipotong namun tidak sama antara kanan dan kiri.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Tinggi Suspensi Mobil Tipe Independent, Ternyata Mudah Sob

"Penyebab amblas sebelah biasanya dari salah satu spring atau per yang sudah lemah, jadi baja pernya lemah, atau bisa juga pernya sudah potongan, tapi potongnya enggak sama antara yang kanan dan kiri," ujar Agun.

Kemudian bisa juga dari shockbreaker yang sudah lemah, kerusakan dari shockbreaker ini ditandai dengan kebocoran atau ada cairan berupa oli yang keluar dari tabung shockbreaker.

Servis shockbreaker mobil
Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Servis shockbreaker mobil

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa