Tiga Penyebab Lampu Mundur Mobil Mati, Begini Cara Mengatasinya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 1 Juli 2022 | 07:23 WIB
Ilustasi Lampu mundur mobil yang menyala berwarna putih
Aditya Pradifta
Ilustasi Lampu mundur mobil yang menyala berwarna putih

Otoseken.id - Pada area belakang mobil terdapat beberapa lampu, mulai dari lampu rem dan lampu kota yang bersinar warna merah, lampu sein berwarna kuning dan lampu mundur ditandai dengan warna putih.

Lampu mundur akan menyala jika kontak mobil dalam posisi on atau mesin hidup, dan tuas transmisi berada di posisi R (reverse). 

Semua lampu di belakang mobil harus dalam keadaan normal, begitupun dengan lampu mundur,  sebab lampu mundur memiliki dua fungsi utama.

Fungsi pertama adalah sebagai penanda ke kendaraan lain dalam posisi searah, apabila kita memundurkan mobil, pengendara lain yang tepat di belakang kita akan mengetahui mobil sedang mundur.

Fungsi kedua adalah sebagai penerangan sopir ketika mundur khususnya di malam hari, inilah alasan kenapa lampu mundur diharuskan berwarna putih.

Karena fungsinya cukup penting, ketahui 3 penyebab lampu mundur mobil mati.

1. Cek Sekring Lampu Mundur

ilustrasi kotak sekring
Rizky/Otomotifnet
ilustrasi kotak sekring

Sebelum mengecek kondisi bohlam atau lampu mundur, cara pertama coba cek sekringnya dulu, biasanya sekring lampu mundur ini ditandai dengan huruf IG atau Back di tutup rumah sekring.

"Sebelum cek bohlam, pertama-tama cek sikringnya dulu, biasanya paling sering sikring lampu mundurnya doang yang putus," kata Fajar Rudi, dari bengkel Auto Teknik di Sangiang Tangerang


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa