Sering Kena di Mobil FWD, Ini Penyebab Oli Transmisi Mobil Bocor

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Transmisi Honda Jazz GE8 AT 2008
Dok.OTOMOTIF
Transmisi Honda Jazz GE8 AT 2008

Otoseken.id - Oli transmisi punya peran penting untuk melumasi komponen di dalam girboks transmisi, oli transmisi yang bocor akan berakibat fatal.

Volume oli transmisi yang kurang atau sedikit, dampak terparahnya transmisi bisa jebol sehingga harus dilakukan overhaul transmisi, kalau sudah jebol, biayanya tentu akan lebih mahal.

Biar transmisi enggak jebol, sebaiknya selalu cek volume oli transmisi melalui dipstick.

"Oli transmisi yang kurang secara drastis harus waspada, karena bisa bikin transmisi jebol, makanya selalu cek volume oli transmisi melalui dipstick," buka Eris, dari Bengkel Anugerah Motor di MGK, Kemayoran.

"Kalau oli transmisi yang bocor keliatan ada yang menetes di kolong, biasanya oli transmisi warna merah, bisa juga dilihat dari girboks-nya apakah ada rembesan oli," lanjut Eris.

Ilustrasi kebocoran oli transmisi mobil
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi kebocoran oli transmisi mobil

Untuk mobil penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD), oli transmisi yang bocor disebabkan dari seal as roda atau seal drive shaft yang sudah mulai aus.

"Seal as roda yang bocor indikasinya ada netes oli transmisi di area gearbox transmisi yang menuju ke as roda," buka Eris, dari Bengkel Anugerah Motor di MGK, Kemayoran.

Seal as roda Toyota Soluna
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Seal as roda Toyota Soluna

Sekedar informasi, fungsi dari seal as roda atau seal drive shaft ini berfungsi untuk mencegah oli transmisi bocor di sekitar as roda mobil, nah seal as roda yang sudah aus atau sudah waktunya diganti ditandai dengan kebocoran oli transmisi.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa