Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi Adu Irit Isuzu Panther Kapsul, Konsumsi BBM Tembus 33,8 Km/liter

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:16 WIB
Lomba irit Isuzu Panther Kapsul
Dok. OTOMOTIF
Lomba irit Isuzu Panther Kapsul

Otoseken.id - Setelah sukses menggelar Liga Irit Panther tahun 1996 lalu menggunakan Panther Kotak 2.5, PT Astra Mobil Isuzu menggelar lagi Irit 2 di tahun 2002 lalu.

Sebanyak 25 tim dari 25 Perguruan Tinggi di Jawa mengikuti lomba irit-iritan bahan bakar, ajang ini digelar untuk kedua kalinya. Sebelumnya Laga Pantura I digelar pada 25-27 Juli 1996 menggunakan Panther Kotak. Jarak tempuhnya lebih pendek, yaitu 770 km, dari Jakarta - Surabaya.

Di Laga pantura 2 ini, jarak yang ditempuh lebih panjang lagi, sepanjang 1.179 km, bisa dibabat oleh Isuzu Panther dengan cuma ngasih "minum" solar sebanyak kira-kira 34 liter.

Berbeda dengan Liga irit sebelumnya yang pakai Panther Kapsul, pada liga irit 2 mobil yang dipakai sudah generasi Panther Kapsul.

Alasan pesertanya adalah mahasiswa karena ini merupakan sumbangsih Isuzu kepada dunia pendidikan Indonesia, khususnya perguruan tinggi. Lomba ini sekaligus membuka kesempatan bagi Isuzu kader-kader ilmuwan untuk mempraktekkan ilmu yang didapat di perguruan tinggi masing-masing, sembari menyadarkan insan manusia agar tetap sadar energi.

Laga Pantura 2 Isuzu Panther tahun 2002
Dok. OTOMOTIF
Laga Pantura 2 Isuzu Panther tahun 2002

"Tentu saja pesertanya berasal dari jurusan Teknik Mesin," Kata Yohannes Nangoi, Presiden Direktur PT Pantja Motor yang dikutip dari Tabloid OTOMOTIF Hal 39 XXVI tahun 2002.

"Masukan teknologi yang dikembangkan mahasiswa. khususnya otomotif, sangat membantu upaya mengembangkan industri otomotif Indonesia. Di samping itu, industri juga bisa membantu atau mendapatkan SDM yang diperlukan," kata Yohannes lagi.

Perjalanan panjang yang dilepas oleh Wapres, Hamzah Haz kala itu diawali dari Monas Jakarta menuju Bandung. Berbagai cara dilakukan biar Panther nggak menyedot banyak solar.

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung melakukan modifikasi yang seratus persen hand made alias bikinan tangan. Perubahan yang dilakukan antara lain pada system pasokan bahan bakar dan aerodinamika.

Editor : ARSN
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa