Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mengetahui Oli Pertamina Asli Atau Palsu, Ketahuan dari Bagian Ini

Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - Senin, 26 Juni 2023 | 11:49 WIB
Deretan oli Pertamina Lubricants
GridOto.com
Deretan oli Pertamina Lubricants

Otoseken.id - Peredaran oli palsu masih marak ditemukan, oli dari Pertamina juga banyak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oli palsu tentu saja merugikan konsumen karena dapat merusak mesin kendaraan, selain itu oli palsu juga berdampak pada brand oli itu sendiri, karena tidak semua orang menyadari apakah oli yang digunakan asli atau palsu.

Nurudin selaku Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants pernah menemukan kasus mesin kendaraan jebol akibat oli palsu.

Di dalam mesin penuh dengan jelaga hitam dan mengental kayak gel yang diduga kuat merupakan dampak dari oli palsu.

Untuk itu Nurudin selaku Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants memberikan tips bagaimana membedakan oli Pertamina asli atau palsu.

menurut Nurudin, oli Pertamina memiliki ciri-ciri yang bisa dikenali, pertama, pada pinggiran tutup kemasan oli sebelah bawah, terdapat 8 digit angka batch yang tercetak dalam.

Nah, pada bodi kemasan sejajar dengan angka pada tutup tersebut juga terdapat 8 angka yang sama.

Terdapat kode angka produksi pada bagian bawah tutup dan bodi kemasan oli Pertamina. Kedua kode angka tersebut harus sama, tercetak secara emboss
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Terdapat kode angka produksi pada bagian bawah tutup dan bodi kemasan oli Pertamina. Kedua kode angka tersebut harus sama, tercetak secara emboss

"Kalau terlihat angkanya beda dan cuma diprint, tandanya oli Pertamina palsu,” terang Nurudin, Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants.

Tak hanya itu, "Stiker pada kemasan oli Pertamina dan di bagian tutupnya kalau kita sobek, akan terlihat ada hologram halus," tambahnya.

Editor : ARSN
Sumber : Otomotifnet.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa