Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Merawat Mobil Matik Jenis CVT, Rutin Ganti Oli dan Ganti Part Ini

Dok Grid - Selasa, 26 September 2023 | 14:16 WIB
Dasbor Honda Mobilio RS CVT 2014
Dok.OTOMOTIF
Dasbor Honda Mobilio RS CVT 2014

Otoseken.id - Pada umumnya mobil transmisi matik ada dua jenis, yakni matik konvensional dan matik jenis CVT (Continously Variable Transmission).

Kelebihan Perpindahan gigi pada trnansmisi matik jenis CVT yang lebih halus (smooth), ini dikarenakan komponen dari 2 puli dan sabuk baja yang membuat perpindahan gigi secara berkesinambungan. 

Kelebihannya selanjutnya lebih irit bahan bakar, Transmisi matik CVT cenderung mempertahankan di RPM rendah yang membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Transmisi matik jenis CVT ini banyak dipakai di mobil Honda, seperti Honda Mobilio, Brio, HR-V, BR-V, Jazz Gk5, City, dan beberapa brand lain seperti Nissan Grand Livina L11, X-Trail, Toyota Sienta, Yaris dan sebagainya.

Baca Juga: Simak, Begini Cara Menjaga Transmisi CVT Mobil Bekas Responsif

Honda Brio RS CVT 2020 kondisi bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Honda Brio RS CVT 2020 kondisi bekas

Dibalik kelebihan matik CVT, soal perawatannya juga enggak boleh sembarangan, Sugito owner bengkel spesialis Honda Camp mengatakan, masih banyak yang melupakan ganti filter oli matik CVT.

"Jadi perawatan mobil matik CVT itu enggak cuma ganti oli doang, tapi masih banyak yang lupa ganti filter oli," kata Sugito saat ditemui di bengkelnya di Honda Camp Pramuka, Jakarta Timur.

Gito melanjutkan, penggantian filter oli transmisi matik CVT enggak seperti ganti filter oli mesin, interval penggantian part ini lumayan lama.

"Gantinya enggak sering-sering banget, setiap 120 ribu kilometer, ya memang termasuk lama," lanjut Gito.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa