Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Habis Dipakai Jarak Jauh, Biar Aman dan Nyaman Cek 6 Bagian Ini

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB
Ilustrasi pengecekan ban mobil
Dok. Carsome
Ilustrasi pengecekan ban mobil

Otoseken.id - Momen libur Nataru 2023 dan Imlek, banyak Masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik ke luar kota ataupun liburan.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub), potensi pergerakan pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) di 2022 menyentuh 16,35% dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 44,17 juta orang.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan 2021 yang diprediksi sebanyak 19,9 juta orang. Periode liburan Nataru baru saja berlalu dan lonjakan ini mengingatkan para pengendara mobil akan pentingnya melakukan pengecekan dan servis mobil pasca liburan.

"Servis mobil berkala adalah kegiatan memperbaiki mobil yang wajib dilakukan paling tidak setiap 6 bulan sekali. Sebenarnya, kilometer tidak selamanya menjadi acuan untuk melakukan servis mobil, namun pada teori umum 10.000 km pada mobil baru dapat dicapai dalam waktu 6 bulan," kata Donald Rachmat, General Manager Branch Operation & Commercials CARSOME Indonesia dalam keterangan resminya.

"Jika tidak mencapai kilometer tersebut pun, Anda tetap wajib melakukan servis mobil. CARSOME juga memberikan rekomendasi ini bagi kendaraan Anda yang baru saja kembali dari liburan, untuk melakukan pengecekan cairan oli dan beberapa komponen mesin." lanjutnya.

Berikut enam komponen yang sebaiknya dicek untuk mengembalikan performa mobil:

1. Filter-filter

ILUSTRASI. Filter Udara Mobil yang Sudah Kotor Harus Diganti
Agung Gunarso/GridOto
ILUSTRASI. Filter Udara Mobil yang Sudah Kotor Harus Diganti

Untuk mobil yang telah dipacu dalam jangka waktu yang lebih lama dari penggunaan sehari-hari, terdapat empat komponen filter vital, seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC.

Keempat filter tersebut perlu dicek secara berkala untuk mencegah debu dan kotoran menyumbat sirkulasi, sehingga menghambat kinerja mesin dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa