Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Faktor Usia, Segini Biaya Peremajaan Kaki-kaki Honda Freed di Bengkel Spesialis

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 3 Februari 2023 | 15:14 WIB
Honda Freed
Dok. Otoseken.id
Honda Freed

Otoseken.id - Usia Honda Freed memang sudah lumayan berumur, wajar saja jika komponen kaki-kaki Honda Freed sudah mulai aus sehingga perlu dilakuan peremajaan.

Sebab Honda Freed peratama kali diperkenalkan pada tahun 2009, mengalami facelift di tahun 2013, sayangnya hanya bertahan sampai 2015, sebab Freed selanjutnya tidak masuk ke Indonesia.

Artinya usia Freed yang sudah berumur 8-14 tahun, sudah banyak yang mengeluhkan kaki-kaki Honda Freed sudah tidak nyaman lagi.

"Honda Freed nyaris aman, tapi karena usianya sudah berumur, perhatian di kaki-kaki dan bocor oli saja" kata Sugito Owner bengkel spesialis Honda Camp.

"Kaki-kaki Freed sebenarnya lebih bandel dari HR-V dan BR-V yang tahunnya lebih muda, tapi karena memang umur kaki-kaki yang sudah mulai pada kena link stabil, rack steer dan sokbreker," jelas Pria yang akrab disapa Om Gito.

Harga mobil bekas Honda Freed mulai Rp 100 jutaan
Dok. OTOMOTIF GROUP
Harga mobil bekas Honda Freed mulai Rp 100 jutaan

Komponen kaki-kaki Honda Freed yang sering dilakukan penggantian yakni sokbreker, link stabil, rack steer, bushing arm, termasuk karet support sokbreker dan engine mointing.

Harga link stabil orisinal Freed di Honda Camp Rp 450.000 satu buah, sokbeker belakang Rp 1.030.000 satu buah dan sokbreker depan Rp 1.295.000 satu buah.

Sedangkan harga rack steer kalau ganti assy sangat mahal, harganya mencapai Rp 12-14 juta, solusi hematnya bisa hanya diservis saja.

"Rack steer kalau ganti assy bisa Rp 12-14 juta, tapi kalau di kita bisa servis biayanya Rp 3,5 juta termasuk jasa dan spooring," bilang Gito.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa