Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Dilupakan, Ini Tiga Tanda Perlu Dilakukan Balancing Ban Mobil

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 4 Maret 2023 | 20:23 WIB
Ilustrasi proses balancing roda mobil
Dok. Otomotif
Ilustrasi proses balancing roda mobil

Otoseken.id - Banyak pemilik mobil yang tidak pernah melakukan balancing pada ban mobil miliknya, kenali 3 tanda ban mobil perlu dilakukan balancing.

Perlu diketahui, balancing berbeda dengan spooring, jika spooring adalah meluruskan kembali sumbu roda terhadap garis lurus sejajar dengan arah kendali mobil, mulai dari menyetel sudut caster, camber, dan toe di bagian ban depan, dan sudut camber dan toe di bagian ban belakang mobil.

Sedangkan Balancing adalah sebuah proses penyeimbangan antara titik atas dan bawah, serta kanan dan kiri ban mobil dengan menambahkan bobot agar menjadi lebih seimbang.

Pemilik atau pengendara mobil yang sudah merasakan mobil yang mengalami getaran berlebih saat dikendarai dengan kecepatan tinggi, terutama ketika berada di jalan tol.

Jika terjadi kondisi seperti itu, menandakan salah satu ban mobil sudah tidak stabil dan memerlukan balancing.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban kehilangan kestabilan, pada faktor internal misalnya karena ada masalah pada sistem suspensi akibat tidak meratanya distribusi beban pada keempat ban.

Sementara faktor eksternal dipicu oleh kebiasaan menyetir yang kurang baik, seperti pengereman mendadak, yang mengakibatkan ban menjadi tidak seimbang.

"Kami senantiasa mengingatkan pelanggan kami untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin agar dapat mendeteksi kondisi kendaraan yang sudah membutuhkan perawatan, termasuk ban," ucap Apriyanto Yuwono, selaku National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia dari informasi yang diterima Otoseken.id.

"Seringkali, kondisi tersebut sulit teridentifikasi jika hanya diperiksa dari luar. Balancing juga dapat memperpanjang usia ban sekaligus menghemat ongkos pemilik kendaraan," lanjutnya.

Baca Juga: Awas Kena Flat Spot, Ban Mobil Bekas Rusak Akibat Parkir Terlalu Lama, Ini 5 Tips Mencegahnya

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa