Sejarah Isuzu Panther Si Rajanya Diesel, Awal Mula Masih Karoseri

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 12 September 2020 | 20:05 WIB

Isuzu Panther Generasi Pertama (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Isuzu Panther bekas menjadi pilihan menarik untuk mobil keluarga yang irit bahan bakar dan mesin yang andal.

Mesin yang andal ini menjadikan Panther dikenal sebagai MPV Si Rajanya diesel, Isuzu berhasil nyesuaikan pangsa pasar kebanyakan masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil dengan durability yang bagus, muat banyak, irit bahan bakar di masanya.

Isuzu Panther hadir di indonesia pada tahun 1991 sebagai mobil keluarga penantang Toyota Kijang, dan Mitusbishi Kuda juga ikut meramaikan di 1999. 

Nah berikut ini sejarah dan perjalanan Isuzu Panther di Indonesia.

mobilmotorlama.com
Ilustrasi panther Karoseri generasi pertama

 

Baca Juga: Naksir Isuzu Panther? Ini 5 Cara Cek Mesin Diesel Bagus Atau Tidak

1. Panther 2.3 Karoseri (1991-1993)

Awal mula kemunculan Isuzu Panther generasi pertama bermula dari pikap yang diubah oleh karoseri pilihan PT. Pantja Motor sebagai ATPM Isuzu.

Membawa mesin Isuzu C233 berkapasitas 2.300 cc 4 silinder indirect injection, mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 72 dk di 4.300 rpm.

Pada saat itu, berbagai karoseri sempat mengeluarkan beberapa model yang desainnya menyerupai mobil lain seperti Suzuki Vitara.

Sewaktu baru, model ini dijual lebih tinggi dibanding yang biasa, dengan kelengkapan lebih baik dan peredaman bagus. Varian yang ada sangat banyak tergantung dari masing-masing karoseri.