Selain dari Interior, Ini 4 Cara Periksa Mesin Mobil Bekas Banjir

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 21 Februari 2021 | 15:23 WIB

Mesin mobil yang terendam banjir (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Membeli mobil bekas sebisa mungkin hindari mobil yang bekas tabrak maupun bekas bajir, nah untuk mencegah membeli mobil bekas banjir ada tipsnya.

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas 5 cara mengetahui mobil bekas banjir dari interior, ternyata di sektor mesin juga bisa diketahui lho.

Berikut 4 cara mengetahui mesin mobil yang pernah terendam banjir.

 

1. Kondisi fisik mesin mobil

Cara pertama bisa diketahui dari kondisi fisik mesin mobil, mesin mobil yang sudah terendam banjir biasanya di area blok mesin banyak ditemui jamur.

Harun/GridOto
Kondisi mesin sedan mewah Mercedes-Benz E300 sehabis terendam banjir di Kemang, Jakarta Selatan

Baca Juga: 5 Cara Periksa Mobil Bekas Banjir dari Interior, Jangan Sampai Tertipu

"Mobil yang terendam banjir bisa dilihat dari kondisi fisik blok mesinnya, kalau diperhatikan lagi timbul bintik-bintik seperti jamur," kata Nofan, Inspector Carro Indonesia.

2. Suara mesin

Cara selanjutnya dengarkan suara mesin, walaupun sudah mengganti oli mesin, Ia menjelaskan tetap masih terdengar suara kasar.

Biasanya suara mesin yang kasar diakibarkan dari bearing fan belt, puli ataupun dari suara kompressor AC yang bekas terendam banjir.

"Kasarnya kebanyakan dari bearing-bearing kaya bearing fan belt, di pulley (puli), dari suara kompressor AC juga," ungkap Nofan.