Sambil Ngabuburit, Yuk Cek Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 23 April 2021 | 16:46 WIB

Tekanan angin ban mobil tidak boleh kurang atau lebih (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Sambil menunggu buka puasa alias ngabuburit, kalian bisa mengecek tekenan angin ban mobil yang ideal.

Tekanan angin pada ban mobil harus ideal, artinya tidak boleh kurang maupun lebih, jika tekanan kelebihan atau kekurangan akan berdampak buruk pada kondisi ban dan pelek serta keselamatan.

"Tekanan angin pada ban mobil yang kurang, ketika di jalan berlubang itu kondisi pelek bisa rusak, peang, atau bahkan pecah, terus mobil juga berat dan berpengaruh ke BBM lebih boros," ucap Yusuf dari Otomax Car, Tangerang.

"Tekanan angin berlebih menimbulkan getar pada setir dan kenyamanan saat berkendara berkurang karena bantingan mobil menjadi keras," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Makna Bulatan Berwarna pada Dinding Ban, Bukan Tanda Biasa

Nah cara cek tekanan angin ban mobil yang ideal, pertama-tama harus tahu terlebih dahulu ukuran tekanan ban mobil yang ideal.

Setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan ban ideal yang berbeda-beda misalnya 30 - 35 PSi, cara mengetahuinya, bisa melihat informasi tekanan ideal ban pada stiker yang menempel di pilar B bagian supir.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi informasi tekanan angin ban yang ideal

Kemudian Alat untuk mengecek tekanan angin ban mobil bisa gunakan alat ukur tekanan angin baik yang analog maupun digital.

Menurut yusuf, ban mobil yang terlalu lama terparkir di garasi, lama-kelamaan tekanan angin akan berkurang.