Bukan Malah Hemat, Mencampur Solar Subsidi Justru Berdampak Buruk

Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - Sabtu, 10 Juli 2021 | 18:33 WIB

Mobil Diesel Isi Bahan Bakar di SPBU (Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - )

Otoseken.id - Pemilik mobil diesel modern yang sudah dilengkapi sistem common-rail seperti Toyota Fortuner, Innova diesel, Mitsubishi Pajero Sport dan sebagainya, perlu waspada soal kualitas bahan bakar diesel.

Sebab masih ada yang beranggapan kalau mencampur bahan bakar diesel non subsidi seperti Dexlite maupun Pertamina Dex dengan bahan bakar diesel Solar subsidi, bisa lebih hemat, padahal cara tersebut tidak dibenarkan.

Bukannya malah hemat, perlakuan seperti itu malah berdampak buruk pada kinerja mesin, seperti yang diungkapkan Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurutnya, cara tersebut akan mengurangi kinerja bahan bakar dengan kualitas di atasnya.

Dok. OTOMOTIF
Mesin diesel Toyota dengan turbocharger

Baca Juga: Bukan Untuk Meningkatkan Cetane, Ini Fungsi Zat Aditif BBM Diesel

"Yang tadinya bahan bakar di atasnya punya kemampuan cleaning yang baik, “Begitu dicampur dengan solar dengan kualitas di bawahnya, malah membuat kemampuan membersihkan deposit jadi turun," jelas Tri Yuswidjajanto.

Perlu diingat, mesin-mesin diesel modern yang sudah mengadopsi sistem common-rail seperti Toyota Fortuner, Innova diesel, Mitsubishi Pajero Sport dan sebagainya angat rentan rusak bila mengkonsumsi solar yang kemampuan membersihkan depositnya tidak bagus.

Ditambah kandungan sulfur solar subsidi lebih tinggi dibanding solar non subsidi macam Pertamina Dex atau Dex Lite.