Bukan Untuk Meningkatkan Cetane, Ini Fungsi Zat Aditif BBM Diesel

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 5 Desember 2019 | 11:42 WIB
Zat aditif untuk bahan bakar diesel
Abdul Aziz Masindo
Zat aditif untuk bahan bakar diesel

Otoseken.id - Mobil bermesin diesel modern sudah mengadopsi teknologi common-rail, mesin diesel common-rail membutuhkan kualitas bahan bakar diesel atau solar yang baik.

Sebab mesin diesel common-rail prinsip kerjanya menggunakan pengabutan takanan bahan bakar yang sangat tinggi, dan pengabutan yang sempurna, untuk itu kualiatas bahan bakar diperlukan untuk kinerja injektor yang maksimal.

Di pasaran, banyak produk after market yang menawarkan zat aditif, fungsinya beragam, ada yang sebagai meningkatkan angka cetane (cetane booster), dan sebagai pembersih injektor.

Tentu pabrikan mobil tidak merekomendasikan produk after market zat aditif bahan bakar diesel yang beredar di pasaran selain dari bengkel resmi.

Namun ada juga yang berpandapat kalau zat aditif bahan bahan bakar untuk meningkatkan angka cetane (cetane booster) memiliki efek samping pada mesin yang menjadi over heating.

(Baca Juga: Mesin Diesel Common-rail Haram Minum Solar Busuk, Ini Penjelasan Teknisnya)

"Menaikkan cetane number ini belum tentu sesuai dengan spesifikasi mesin mobil, bahayanya kalau tidak cocok dengan spesifikasi mesin akan membuat overheat," kata Wawan Rustyawan, Specialist Process Development PT Pertamina. Dilansir dari Gridoto.com

Namun ada juga nih sob zat aditif bahan bakar diesel yang diproduksi dan direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Zat Aditif merek AcDelco ini merupakan merek asal Amerika yang diproduksi General Motor (GM), bengkel resmi Chevrolet indonesia juga merekomendasikan aditif ACDelco ini untuk mobil bermesin diesel.

"Sebenarnya banyak merek-merek aditif bahan bakar diesel di luar sana, tapi kami tidak tahu bagaimana dampak ke mesin diesel, kalau merek ini kan (ACDelco) sudah direkomendasikan dari General Motor," kata Nur Auful, Kepala bengkel Chevrolet Serpong, Tangerang Selatan.

Zat aditif bahan bakar diesel ini bukan untuk meningkatkan angka cetane, melainkan sebagai pembersih injektor dari deposit bahan bakar, dan membantu memulihkan performa mesin yang hilang akibat injektor yang sudah kotor.

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa