Penyakit Khas Nissan Grand Livina Bekas, Perhatikan Fuel Pump dan Part Ini

Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - Minggu, 18 Juli 2021 | 13:23 WIB

Nissan Grand Livina generasi pertama (L10) (Abdul Aziz Masindo,Andhika Arthawijaya - )

Otoseken.id - Nissan Grand Livina merpakan LMPV yang datang untuk melawan Toyota Avanza, Nissan Grand Livina generasi pertama (L10) pertama kali diperkenalkan pada 2007.

Nissan Grand Livina menawarkan kenyamanan yang lebih baik dan fitur yang cukup lengkap dibandingkan kompotitornya Toyota Avanza.

Menariknya, Nissan Grand Livina generasi pertama (L10) kondisi bekas, harganya makin menggiurkan, mulai dari Rp 60 juta untuk tipe 1.5 SV M/T lansiran 2007.

Namun sebelum meminang Nissan Grand Livina bekas, perlu ketahui penyakit khas yang sering ditemui.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi Nissan Grand Livina Bekas

1. Fuel Pump

"Pada versi lansiran di bawah tahun 2009, pernah terjadi kasus fuel pump error, yang mengakibatkan jarum indikator di meter cluster tidak pernah menunjuk ke titik F," ungkap Ferdy, dari Nissan Livina Club (NLC). 

Baca Juga: Sejarah Nissan Grand Livina, 12 Tahun Mengaspal di Indonesia

Pada saat itu langsung diatasi NMI dengan mengganti secara cuma-cuma, fuel pump satu set dengan pelampungnya.

Lantas bagaimana bagi pemilik Grand Livina lawas yang belum sempat melakukan penggantian?

"Fuel pump versi revisi sudah banyak tersedia, harganya kurang lebih Rp 1,6-1,7 juta," bilang Santoso dari Arena Nissan, bengkel dan toko spare part spesialis Nissan di Cinere Autopart, Depok. 

2. Karet Dudukan Per Bagian Bawah

Selain fuel pump, perhatikan juga bagian suspensi, jika melintasi jalan bergelombang, akan terdengar bunti seperti menderit di area suspensi.

Sumbernya karet dudukan per bagian bawah yang kemungkinan telah getas dan menyebabkan per langsung beradu dengan mangkok yang juga berbahan besi.