Cuci Ford Focus MK3 Harus Hati-hati, Komponen Ini Sensitif Terhadap Air

Abdul Aziz Masindo,Harun Rasyid - Minggu, 1 Agustus 2021 | 08:05 WIB

Ilustrasi Ford Focus generasi ketiga (Abdul Aziz Masindo,Harun Rasyid - )

Otoseken.id - Pemilik Ford Focus generasi ketiga (MK3) wajib tahu, kalau ada komponen di mobil yang paling sensitif terhadap air.

Ford Focus MK3 ini mengadopsi transmisi jenis dual clutch, sehingga sektor transmisi inilah yang menjadi perhatian karena sensitif terhadap air.

"Dual clutch itu pendinginnya mengandalkan udara dari lubang sirkulasi. Jadi kalau ini kemasukan air, bagian dalamnya akan karatan dan bisa membuat transmisi macet," jelasnya.

Untuk itu, Ia menyarankan perlu hati-hati jika mencuci Ford Focus MK3 di area ruang mesin, apalagi kalau sampai menerobos banjir.

Baca Juga: Biaya Servis Ford Focus Generasi Ketiga, Hatchback Berlimpah Fitur

"Karena itu Ford Focus juga jangan sampai menerobos banjir karena transmisi bisa kemasukan air," katanya.

"Karena rawan, mesin Ford Focus generasi ketiga tidak boleh disiram air. Lalu talang air harus sering dibersihkan untuk menjaga karetnya tidak rusak, dan membuat air masuk ke dalam kap mesin," lanjutnya.

Berikutnya, part penutup mesin Focus generasi ketiga di sisi kolong juga harus diperhatikan.

Hankjobenhavn.com
Ilustrasi Bottom Engine Cover Ford Focus

"Focus generasi ketiga memiliki Bottom Engine Cover atau biasa disebut dek bawah yang berfungsi melindungi mesin dari cipratan air, nah ini kalau rusak harus ganti. Harganya Rp 1,6 juta," terang Budi.

Baca Juga: Ford Focus Generasi Ketiga Harganya Tinggal Rp 110 Juta, Intip Kelebihannya

Maka dari itu, calon pemilik perlu hati-hati saat mencuci Ford Focus dengan varian mesin 1.600 cc dan 2.000 cc tersebut.

"Kalau cuci mobil sebaiknya jangan menyemprot air ke kolong mesin, kalau air masuk transmisi bisa bermasalah. Hal ini bisa diterapkan di semua mobil yang pakai Dual Clutch, jadi bukan Ford Focus saja," tutup Budi.