Penyakit Khas Honda Elysion Ada di Bagian Sliding Door, Segini Biaya Perbaikannya

Abdul Aziz Masindo,Harun Rasyid - Minggu, 30 Januari 2022 | 18:16 WIB

Ilustrasi Honda Elysion (Abdul Aziz Masindo,Harun Rasyid - )

Otoseken.id - Honda Elysion datang untuk melawan High MPV Toyota Alphard dan Nissan Elgrand, Elysion menawarkan kenyamanan dan desain yang manis.

MPV yang dijual di pasar Jepang atau JDM (Japanese Domestic Market) ini menawarkan 2 pilihan mesin, yakni mesin berkode K24A berkapasitas 2.400 cc dan pilihan mesin yang lebih besar 3.000 cc V6 berkode J30A.

Dwi Irfan Wahyudi, owner bengkel spesialis Honda Irfan Auto di Bekasi mengatakan, ada penyakit khas di Honda Elysion, terutama di bagian pintu geser atau sliding door.

Handle Pintu

"Rata-rata penyakit Honda Elysion ada di handle pintu yang patah karena usia dan kesalahan pengguna yang menarik handle-nya dari luar, padahal harusnya dari belakang handle-nya. Untuk ciri rusaknya yaitu tidak bisa dibuka dari luar, tapi kalau dibuka pakai tombol dari dalam masih bisa," kata Irfan yang bengkelnya menjadi andalan anak klub Elysion ini.

Irfan menyebut, masalah yang dialami rival Toyota Alphard dan Nissan Elgrand tersebut bisa tuntas dengan mengganti satu set handle pintunya.

Muslim/GridOto.com
Honda Elysion


"Biasanya kami pakai part copotan dari Singapura atau Malaysia. Sebab kalau beli baru harus order dulu di dealer dan makan waktu tiga bulan," katanya.

"Harga satu set handle pintu Honda Elysion ini Rp 1,5 juta sedangkan kalau beli baru bisa dua kali lipat harganya," lanjut Irfan.

Central lock

Penghobi yang juga aktif di komunitas Honda Elysion ini berujar, pengunci pintu atau doorlock High MPV tersebut juga kerap bermasalah.

"Rusaknya doorlock atau central lock ini juga karena usia, penyebabnya dari motornya yang sudah lemah. Solusinya harus ganti dengan part original-nya seharga Rp 500 ribu, kalau pakai central lock universal yang bentuknya mirip pistol kurang bagus," terang Irfan.

Baca Juga: Harga Bekasnya Sudah Murah, Cek Biaya Perawatan Honda Elysion