Tips Merawat Mobil Tua, Waspada 4 Bagian Ini Bikin Sering Mogok

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 3 Februari 2022 | 09:31 WIB

Mobil-mobil tua di Marno Jaya Motor (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Walaupun sudah berumur lebih dari 15 tahun atau bahkan lebih dari 20 tahun, tapi mobil-mobil tua masih banyak diminati.

Sebut saja Toyota Great Corolla, Soluna, Starler, Kijang Kapsul, Honda Civic Ferio, Suzuki Baleno Milenium dan sebagainya.

Selain harganya yang tentu saja sudah terjangkau, alasan lain karena memang sudah terlalu suka dengan desain mobil tersebut ataupun kolektor yang hanya untuk sekedar nostalgia.

Namun memiliki mobil tua yang usianya lebih dari 15 tahun tidak semudah memiliki mobil bekas yang usianya relatif muda, perawatan dan pengecekan mobil tua harus lebih ekstra.

Sebab beberapa komponen yang sudah aus di mobil yang berumur bisa mengakibatkan mobil mogok di jalan.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Mobil bekas Rp 30 - 80 jutaan di Hans Motor 2

"Kita tahu ini mobil sudah berumur, kalau kita baru ambil mobil bekas yang sudah di atas 15 tahun dan enggak ada service record, itu lebih baik kita cek daripada mogok di jalan," kata Dedi dari bengkel Kandang Soluna di Jatiasih, Bekasi.

1. Timing Belt

Hal pertama yang mesti dicek adalah kondisi timing belt, berbeda dengan mobil sekarang yang sudah menggunakan timing chain, mobil-mobil keluaran lama kebanyakan masih menggunakan timing belt.

Timing belt