Bukannya Bersih Malah Penyok, Fortuner Terguling Saat Cuci dengan Hidrolik Model X

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 22 Juni 2022 | 17:10 WIB

Fortuner terguling ketika dicuci di hidrolik model X (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Nasib apes dialami pemilik Toyota Fortuner hitam ini, berniat datang ke steam supaya mobilnya bersih dan kinclong, tapi malah mobil kesayangannya penyok-penyok akibat jatuh dari hidrolik model X.

Terlihat dalam video yang diunggah di Media Sosial Tiktok bernama @evantots, Toyota Fortuner berwarna hitam tersebut malah jatuh saat diangkat menggunakan hidrolik model X hingga berakhir dalam kondisi terbalik.

Dalam keterangan video tersebut tidak dijelaskan di mana peristiwa itu terjadi, tapi terlihat dalam video beberapa petugas cuci mobil berlari untuk menyelamatkan diri agar tidak tertimpa mobil SUV tersebut.

@evantots bahaya pake hidrolik tipe x ????#foryou #fyp #fypシ #car #carwash #fortuner #fortunerlover #fortunergirl #toyota#cars #carsoftiktok #kacau #modified ♬ suara asli - NAMA KOK FIKI - Fiki Goo 20k????

Netizen pun ikut berkomentar, banyak yang mengatakan kalau steam mobil pakai hidrolik model X dengan ban yang menggantung ini lebih berisiko jatuh jika dibandingkan hidrolik model H.

"resikonya gitu kalo pake yang type X, lebih aman yang type H. tapi kembali lagi hari apes gak ada di kalender," tulis akun @Ahmad Ajie485 di kolom komentar.

"Tim yang kalo adanya hidrolik x mending engga jadi nyuci," tulis akun @claw di kolom komentar.

Tiktok @evantots
Fortuner terguling ketika dicuci di hidrolik model X

Memang menurut Agun Gunawan selaku pemilik bengkel kaki-kaki GY AutoShock, jika mencuci mobil dengan hidrolik model X, petugas cuci mobil harus tahu dan memastikan lokasi titik tumpuan dongkrak mobil yang tepat.

Namun masih kata Agun, selain risiko mobil terjatuh, jika sering mencuci mobil dengan model X juga dapat merusak suspensi mobil karena ban dalam posisi menggantung.

"Kalau sering cuci mobil pakai hidrolik model X itu bisa bikin rusak shockbreaker, terlebih ban yang berat seperti mobil SUV, karena ban menggantung, lebih baik yag model H karena bannya napak," tutup Agun Gunawan, owner GY Autoshock di Bulak Kapal Bekasi Timur.

Baca Juga: Cuci Mobil Hidrolik Model X Bikin Rusak Knalpot Mobil, Mitos Atau Fakta?