Mobil Habis Terendam Banjir, Biar Enggak Fatal Lakukan 4 Penanganan Ini

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 10:55 WIB

Ilustrasi mobil terobos banjir lebih berisiko daripada hanya terendam (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Curah hujan yang tinggi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak hari Jumat (7/10) malam, membuat beberapa titik di beberapa wilayah terendam banjir.

Mobil yang habis terendam banjir ataupun terpaksa menorobos banjir, sebaiknya lakukan penangan lanjut dengan mengecek beberapa komponen yang rawan rusak,

"Mobil habis terendam banjir jika salah penanganannya bisa berakibat fatal," tekan Fajar Rudi, dari bengkel Auto Teknik di Sangiang Tangerang.

Mobil setelah terendam banjir, biar enggak salah penanganan dan berisiko timbul kerusakan fatal, sebaiknya lakukan 4 hal ini:

1. Matikan mesin kendaraan

Harun
Mazda2 setelah terendam banjir

Menurut Fajar, cara pertama ketika mobil habis terendam banjir jangan sekali-kali menghidupkan mesin, sebab bisa berpotensi mengalami kerusakan pada ECU dan elektrikal lainnya.

"Mobil yang habis terendam banjir jangan langsung hidupkan mesin, berisiko ECU mobil bisa kena, ketika mesin hidup ECU akan bekerja," katanya.

Selain itu, jika air masuk ke dalam ruang pembakaran, ketika menghidupkan mesin berisiko merusak komponen yang ada di dalam mobil, dampak parahnya bisa kena gejala water hammer.

2. Lepas konektor aki mobil