Tak Bisa Nyicil Walau Syariah, Ini Alasan Dealer Otobest Cuma Cash

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 11 Juli 2019 | 16:30 WIB
Dealer mobil bekas Otobest Jakarta Timur
Abdul Aziz Masindo
Dealer mobil bekas Otobest Jakarta Timur

Otoseken.id - Dalam membeli sebuah mobil bekas, transaksi yang biasa dilakukan adalah dengan metode pembayaran secara cash (tunai), ataupun secara kredit.

Kredit mobil juga masih terbilang banyak diminati lantaran bisa memiliki mobil dengan cara mencicil atau membayar secara berangsur-angsur.

Pilihan kreditpun bermacam-macam, ada yang kredit dengan bekerjasama ke bank ataupun bekerjasama dengan pihak leasing.

Salah satu dealer di bilangan Duren Sawit Jakarta Timur menjalalankan bisnis yang sesuai dengan ajaran agama.

(Baca Juga: Selain Anti Bunga-bunga Club, Ini Keunikan Lain Dealer Mobkas Otobest)

Dealer tersebut bernama Otobest, seperti yang telah diberitakan sebelumnya, mereka melayani jual, beli dan tukar tembah secara cash ataupun kredit khusus syariah.

Namun dalam pelaksanaannya, Menurut Pemilik Dealer Otobest menjelaskan kredit mobil dengan sistem syariah masih belum bisa diterapkan lantaran terbentur oleh asuransi yang sistemnya belum syariah.

Dealer Otobest Duren Sawit Jakarta Timur
Abdul Aziz Masindo
Dealer Otobest Duren Sawit Jakarta Timur

Prinsip kami, kami dasarnya yang penting enggak pakai riba, jadi makanya kita jualnya secara cash aja," ucap Indra selaku owner dealer mobil bekas Otobest Jakarta Timur.

Riki selaku pemilik delaer Otobest juga menambahkan siap melayani kredit, namun sistem kredit walaupun syariah masih mengharuskan mengikuti asuransi. 

(Baca Juga: Dealer Mobil Bekas Otobest Sediakan Mobil Tanpa Riba, Begini Konsepnya)

"Kita menerima kredit yang memang itu sistem syariah, makanya sebelum kerja sama dengan pihak bank atau leasing kami analisis dulu, tapi kalau kredit, mereka mengharuskan untuk asuransi, " kata Riki yang juga pemilik dealer Otobest Jakarta.

Lebih lanjut Riki menjelaskan, "Asuransi itu walaupun bernama syariah setelah kami analisis itu tidak masuk ke prinsip kami, asuransi itu kan ada akad tapi belum jelas apa yang kita dapat, bisa merugikan tapi bisa juga menguntungkan," kata Riki.

"Itu alasan mengapa sampai saat ini kami hanya fokus menjual mobil-mobil secara cash, mungkin bisa saja kredit pakai sistem syariah dengan catatan tanpa asuransi, tapi kan sampai saat ini belum ada yang seperti itu, tutup Riki, pemilik dealer mobkas Otobest Jakarta Timur. 

Editor : Arseen

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X