Nissan Terrano 4X2 'Disulap' jadi 4X4, Upgrade dari Bengkel Resmi

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 24 September 2019 | 17:00 WIB
Nissan Terrano di bengkel resmi Nissan Halim
Taufan Rizaldy Putra
Nissan Terrano di bengkel resmi Nissan Halim

Otoseken.id - SUV Macho Nissan Terrano sudah hadir di tanah air sejak tahun 1995 lalu, walaupun di negara asalnya jauh lebih dulu diperkenalkan tahun 1986.

Nissan Terrano mengusung mesin 2.400 cc, tenaga yang dihasilkan 118 dk dan torsi 185 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Namun Nisssan Terrano di Indonesia atau versi ATPM hanya ada penggerak 4X2 saja yang sebagian penikmat SUV dianggap 'banci'.

Padahal SUV Terrano gagah dan tangguh berkat bodi boxy-nya akan lebih macho jika penggerak 4X4, benar saja, Nissan Terrano di negara lain ada yang berpenggerak 4x4.

Menanggapi hal itu, dulu beberapa dealer resmi Nissan bisa 'menyulap' Nissan Terrano 4X2 ini menjadi 4X4.

Nissan Terrano
Nissan Terrano

(Baca Juga: How to Buy: Nissan Terrano, SUV Jepang Yang Tak Lekang Oleh Waktu)

“Beberapa workshop seperti Halim, Warung Buncit, Sunter dan Pondok Indah kerap melakukan ubahan dari 4x2 ke 4x4,” tutur Mulyadi Ade Permana, Workshop Operations Head Nissan Halim. Dikutip dari Auto Bild Indonesia edisi 17 - 30 Desember 2005.

Ia menambahkan, Terrano 4x4 itu kebanyakan pesanan dari cabang lain, seperti Palembang, Pekanbaru, Medan dan Pontianak. Semua perlengkapan dan unit yang dikerjakan langsung di bengkel Nissan Purwakarta, Jawa Barat.

Bagian yang diubah antara lain transmisi, motor starter, knuckle, muffler keseluruhan, oil pan dan gir gardan. Total biaya yang dikeluarkan untuk onderdil dan jasa servis mencapai Rp 72,6 juta di harga tahun 2005 dengan lama pengerjaan 5 hari.

Kerennya lagi, upgrade Nissan Terrano penggerak 4X2 ke penggerak 4X4 dapat garansi dari bengkel ATPM dan tentu produknya terjamin.

Bagi penggemar SUV Terrano ini, ada yang sudah perbah coba upgrade menjadi penggerak 4X4 di bengkel resmi Nissan?

Editor : Arseen
Sumber : Auto Bild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa