Histori Hyndai Getz, City Car Berbodi Kecil yang Punya Suspensi Lembut

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 5 Oktober 2019 | 12:00 WIB
Hyundai Getz
Hyundai Getz

Otoseken.id - Tak melulu soal mobil Jepang dan Jerman, Kali ini Otoseken membahas mobil asal Negeri Ginseng Korea Selatan.

Yap Hyundai Getz merupakan mobil yang mempunyai bodi kecil nan kompak, diluncurkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tahun 2003 lalu.

ATPM Hyundai melihat kebutuhan masyarakat Indonesia yang membutuhkan mobil kecil dan praktis, apalagi Hyundai Getz juga memperoleh beragam pengharhargaan di Eropa.

Desain bodi kompak dan kelembutan sistem suspensi menjadi poin penting pada Hyundai Getz. Ditambah, Getz mengusung mesin Hyundai yang cukup handal dan telah terbukti sejak era Bimantara Cakra atau Hyundai Accent pada pertengahan 1990-an. 

Mesin Hyundai Getz 1.341 cc SOHC 12 katup
Mesin Hyundai Getz 1.341 cc SOHC 12 katup

(Baca Juga: Hyundai Santa Fe Generasi Kedua, Beneran Dapat Kemewahannya?)

Mengusung mesin 1.341 cc  4 silinder segaris SOHC 12 katup, dapur pacu Hyundai Getz mampu menghasilkan tenaga 82 dk dan torsi 117 Nm.

Pada versi awalnya di tahun 2003, Hyundai getz masih didatangkan langsung dari Korea Selatan, cirinya dapat terlihat dari trim dasbor berwarna silver.

Selain itu, pada generasi pertama, Getz masih menggunakan 2 speaker untuk tatanan audionya. Ada juga versi limited edition dengan jok kulit sewarna bodi, spoiler, fog lamp  dan pelek 16 inci yang dijual terbatas. 

Memasuki tahun 2004, barulah Hyundai Getz dirakit di dalam negeri atau Completely Knock down (CKD), Salah satu tandanya adalah perbaikan di sistem audio.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Arseen
Sumber : Auto Bild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa