Risiko Injektor Common-RailToyota Innova Diesel Mampet, Mesin Bisa Begini

ARSN - Sabtu, 30 November 2019 | 14:25 WIB
Nosel injektor diesel
Nosel injektor diesel

Otoseken.id - Teknologi mesin diesel common rail sudah dipakai Toyota Kijang Innova diesel dari generasi awal sampai sekarang.

Untuk pengabutan bahan bakar di mesin Toyota Innova diesel sudah menggunakan komponen injektor yang ternyata perlu perhatian khusus.

"Sering saya temukan Innova diesel punya konsumen komponen injektor-nya sudah mampat karena sering isi bahan bakar diesel kualitas rendah," buka Hans Steven, pemilik bengkel Speed'Z Performance kepada GridOto.com.

Bahan bakar diesel mengandung senyawa sulfur yang cukup tinggi sehingga menghasilkan endapan kotoran dalam jumlah banyak.

Kotoran ini mempercepat umur filter solar sampai mengurangi daya saringnya, sehingga kotoran bisa lolos masuk ke dalam injektor dan menyumbat lubang pin injektor.

Ilustrasi Perbaikan Injektor Diesel
ryan/gridoto.com
Ilustrasi Perbaikan Injektor Diesel

Baca Juga: Toyota Innova Diesel Sering Minum Solar Busuk? Korbannya Komponen Ini

"Kalau dibiarkan, dalam waktu jangka pendek tenaga mesin akan terasa loyo atau drop karena bahan bakar yang disemprot ke ruang bakar kurang optimal," tegas Hans.

Tetapi kalau terus dibiarkan dalam waktu jangka panjang ternyata bisa menimbulkan risiko yang cukup parah dan membuat kantong jebol, Sob.

Injektor mesin bisa jebol karena sumbatan di pin injektor sudah terlalu banyak sampai tidak bisa menyemprotkan bahan bakar.

"Lubang pin itu kan kecil sekali dan sensitif, terhambat materi kotoran yang ukurannya besar dan dihajar tekanan tinggi dari bahan bakar sampai bikin jebol," ungkap Hans.

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa