Ternyata Rem Mobil Tromol Lebih Berdampak Buruk Pasca Terendam Banjir

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 9 Januari 2020 | 09:17 WIB
Ilustrasi rem jenis tromol
ryan/gridoto.com
Ilustrasi rem jenis tromol

Otoseken.id - Selain periksa kondisi mesin dan kelistrikan pasca mobil tergenang banjir, Anda juga disarankan untuk periksa kerja rem dan pastikan berfungsi normal.

Sebab banjir dapat berdampak pada rem mobil, apalagi rem berjenis tromol yang biasanya terletak di roda belakang.

"Pada bagian kaki-kaki pasca terendam banjir itu yang paling penting periksa rem, kalau untuk rem depan kebanyakan sudah memakai disc brake, tapi yang sering bermasalah yang masih pakai drum (tromol)," ucap Suryadi, kepala bengkel Astrido Toyota Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pasca mobil tergenang banjir, sering ditemui rem berjenis tromol menjadi ngunci dan lengket, walaupun rem tangan sudah dinonaktifkan.

Ilustrasi mobil terendam banjir
Kompas.com/Agus Santoso
Ilustrasi mobil terendam banjir

(Baca Juga: Bengkel Resmi Toyota Berikan Diskon Hingga 30% untuk Perbaikan Mobil Pasca Banjir)

"Contoh posisi mobil sedang parkir rem tangan aktif, tiba-tiba banjir, setelah banjir surut dan kita lepas rem tangan itu biasanya remnya ngunci atau nempel," katanya.

"Di sini (bengkel resmi Toyota) Kita bersihkan rem belakang,  terutama rem belakang yang jenis drum atau tromol biasanya lebih jadi perhatian, tapi akan lebih baik lagi kalau rem depan dan belakang," lanjut Suryadi.

Sementara untuk rem jenis disc brake tidak ada masalah yang serius dari dampak banjir, karena ada sil sehingga air tidak masuk ke dalam piston rem.

hanya saja jika tidak dibersihkan dikhawatirkan merusak piringan cakram menjadi baret dari sisa-sisa lumpur atau pasir yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa