Salah Injak Pedal Rem, Toyota Rush Tabrak Bumil, Begini Posisi Kaki yang Tepat dari Instruktur JDDC

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 29 Februari 2020 | 09:56 WIB
Ilustrasi kaki menginjak rem
Rianto Prasetyo
Ilustrasi kaki menginjak rem

Otoseken.id - Sebuah video kecelakaan Toyota Rush menabrak Ibu hamil atau Bumil di Palmerah Utara, Jakarta Barat, viral di Media Sosial.

Dilansir dari TribunJakarta.com, Sopir Toyota Rush bernama Firda sedang belajar menyetir mobil didampingi suaminya.

Namun pengemudi yang tengah belajar tersebut keliru menginjak pedal mobil bertransmisi matic sehingga menyebabkan Ibu yang tengah hamil tertabrak dan terjepit tiang listrik.

Menurut Jusri Pulubuhu selaku instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) memberikan arahan bagaimana memposisikan kaki agar terhindar dari kejadian salah injak pedal rem.

(Baca Juga: Suzuki APV Pecah Ban di Tol, Begini Antisipasi Kecelakaan dari Defensive Driving)

"Kesalahan fatal yang dilakukan bagi pemula atau yang belajar mobil adalah memposisikan kaki kiri untuk menginjak pedal rem, itu yang salah" kata Jusri pulubuhu, instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Otoseken.

Baik mobil bertransmisi matic maupun manual, cukup gunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal rem dan gas, sedangkan kaki kiri khusus untuk mengoperasikan pedal kopling bagi mobil manual.

"Untuk menghindari salah injak pedal rem, posisi kaki kanan harus mudah tanpa melakukan pergerakkan angkat-angkat tumit," lanjut Jusri.

Tumit kaki kanan hanya bertumpu pada satu titik, tumit menjadi tumpuan, ketika menginjak pedal gas maupun rem, tumit tidak perpindah tetapi ujung kaki yang berpindah.

(Baca Juga: Ternyata Rem Mobil Tromol Lebih Berdampak Buruk Pasca Terendam Banjir)

Posisikan tumit kaki kanan sejajar dengan pedal rem, tumit yang sejajar dengan pedal rem dapat meningkatkan refleks yang lebih besar ke pedal rem dan mempunyai tekanan yang cukup kuat di pedal rem.

Jusri menambahkan, untuk melakukan pergerakan awal bagi pengemudi yang sedang belajar, lakukan cek sekeliling mobil dan pastikan benar-benar aman, kemudian bunyikan klakson sebelum berangkat agar orang di sekitar aware atau sadar.

 

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa