Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

ECU Rusak, Toyota Innova Diesel Common-rail Diubah jadi Konvensional, Begini Prosesnya

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 29 Februari 2020 | 18:01 WIB
Toyota Kijang Innova diesel 2011
Dok. OTOMOTIF Group
Toyota Kijang Innova diesel 2011

Otoseken.id - Seperti kita ketahui, Toyota Kijang Innova diesel sudah menggunakan sistem yang modern, yakni sistem common-rail.

Dinamakan common-rail karena proses penyaluran bahan bakar ke injector menggunakan rail atau jalur yang dipakai bersama.

Bedanya dengan yang konvensional, dalam sistem common-rail untuk pengaturan aliran bahan bakar diesel dan timing-nya, diatur oleh komputer atau ECU (Electronic Control Unit).

Nah di bengkel Betawi Diesel yang terletak di Batuceper, Tangerang, berhasil mengubah sistem common-rail menjadi konvensional seperti pada Panther atau Kijang kapsul.

Sistem Common-rail (kanan), dan Konvensional (kiri)
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Sistem Common-rail (kanan), dan Konvensional (kiri)

(Baca Juga: How To Buy Toyota Kijang Innova, Ini Varian yang Banyak Dicari)

Yap memang ini terdengar seperti kemunduran teknologi, namun Giok Can mengungkapkan, ini menjadi alternatif untuk mobil diesel common-rail yang ECU-nya sudah rusak atau yang tinggal di daerah yang sulit mendapatkan bahan bakar diesel kualitas baik.

"Ini sebagai alternatif aja untuk yang ECU-nya sudah rusak, dan biayanya mahal, atau yang sulit cari solar bagus, di Betawi Diesel kami bisa mengubah dari diesel sistem common-rail menjadi konvensional," kata Giok Can, pemilik Bengkel Betawi Diesel, Tangerang

Karena sistem common-rail memerlukan proses tekanan bahan bakar yang tinggi di injector common-rail agar dapat bekerja maksimal, maka dianjurkan untuk menggunakan kualitas bahan bakar yang baik, atau minimal Pertamina Dex maupun Dex Lite.

Sayangnya untuk mobil-mobil di daerah ataupun di pertambangan yang sulit mendapatkan bahan bakar diesel kualitas baik, mengubah sistem common-rail menjadi konvensional bisa menjadi alternatif.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa