AC Mobil Dilengkapi Climate Control, Begini Cara pakai yang Benar

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 23 Mei 2020 | 14:08 WIB
Ilustrasi AC Climate control
Dok. Auto Bild Indonesia
Ilustrasi AC Climate control

Otoseken.id - Pabrikan mobil menyematkan fitur AC auto atau dikenal dengan nama climate control di beberapa line-up mobil.

AC yang tidak dilengkapi climate control, pengatur tingkat kesejukan kabin hanya terdiri dari posisi I, II dan III, dan proses pendinginan dipilih berdasarkan besarnya kecepatan blower yang mengembuskan angin sejuk.

Tak ada yang salah dengan sistem ini, namun di beberapa kasus, kabin semakin dingin yang malah mengganggu kenyamanan lantaran suhu kabin tak dapat distabilkan.

Dari situ barulah berkembanglah yang namanya AC otomatis yang memungkinkan pengguna mengatur suhu kabin tetap stabil di sekian derajat Celcius.

Baca Juga: Efek Buruk Isi Air Radiator Pakai Air AC Rumah di Mobil Bekas

"Konsep sistem AC otomatis tak ubahnya pendingin udara di rumah," ungkap Rachmad Basuki, Manager Marketing Planning dan Customer Relations Division PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2007 lalu yang dikutip dari Auto Bild Indonesia.

Sistem AC otomatis kini sudah lazim ditemui di mobil-mobil kelas menengah ke atas.

Sayangnya belum banyak ATPM melakukan program edukasi untuk penggunaan lebih optimal. Terdengar sepele memang, tapi bukankah lebih baik saat tahu seluk beluk AC otomatis. Jadi bisa mengusir panas di kabin lebih cepat.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN
Sumber : Auto Bild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa